Gampang Banget Bro, Begini Cara Irit Bensin Mobil Kalian Jadi Anti Boros!

Gampang Banget Bro, Begini Cara Irit Bensin Mobil Kalian Jadi Anti Boros!

Seringkali terjadi perdebatan antara pertalite dan pertamax-@pertaminacareer-Instagram

4. Perhatikan putaran mesin 

Untuk mengatur kecepatan tetap stabil, Anda bisa memperhatikan petunjuk rotasi per menit atau RPM pada speedometer. Semakin tinggi RPM maka akan semakin kencang putaran mesin yang berdampak pada konsumsi BBM lebih boros. Batas angka RPM yang aman adalah 2.000 hingga 2.500. Salah satu keuntungan menggunakan mobil matic adalah saat pengemudi menaikkan gigi, mobil akan otomatis menyesuaikan kedalaman kaki saat menginjak pedal gas. Berbeda dengan mobil manual yang mana saat pedal gas harus dilepaskan lalu diinjak kembali, hal ini membuat BBM banyak terbakar. 

5. Menggunakan AC seperlunya

Tips hemat BBM mobil manual dan matic lainnya adalah menggunakan AC seperlunya. Hal ini dikarenakan AC mobil menjadi penyebab terbesar mobil matic sangat boros. Hindari suhu yang sangat dingin saat berkendara dan atur hingga penggunaan minimal, apalagi jika Anda mengemudi di jalan menanjak. 

BACA JUGA:Musim Hujan Bisa Timbulkan Alergi Bentol-bentol Pada Tubuh? Begini Cara Mencegahnya

Saat AC menyala, kompresor bergerak dan menjadi beban mesin mobil yang membuat konsumsi BBM menjadi boros. Dengan memberikan jeda pada kompresor agar tak bekerja terus menerus, BBM jadi lebih hemat dan mesin kompresor pada AC tetap terawat. 

6. Hindari ngebut di jalan

Bukan hanya komponen pada mesin saja yang membuat BBM jadi lebih hemat, tetapi juga cara mengemudi Anda. Berkendara secara agresif atau ngebut yang membuat Anda memainkan gas dan rem secara berlebihan, akan membuat BBM lebih boros. Agar bisa hemat BBM, Anda bisa gunakan eco driving atau berkendara dengan tenang. 

7. Gunakan teknik engine brake

BACA JUGA:Cara Menghindari Rasa Malas dengan Cepat, Yuk Jangan MAGER!

Tak hanya memperhatikan akselerasi, tetapi juga deselerasi. Anda bisa memanfaatkan teknik engine brake yang akan membuat putaran mesin mobil jadi lebih lambat tanpa harus mengerem. Caranya dengan mengurangi gas secara perlahan, lalu turunkan gigi D menjadi 2 kemudian L. Cara ini bisa membuat BBM lebih hemat dan rem mobil lebih awet. 

Itulah beberapa tips yang bisa kalian gunakan demi mengirit pengeluaran kalian dalam membeli bensin mobil kalian.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: