Jangan Sampai Kamu Salah Bedakan Pinjol Legal dan Ilegal, Begini Cara Membedakannya!

Jangan Sampai Kamu Salah Bedakan Pinjol Legal dan Ilegal, Begini Cara Membedakannya!

Cara bedakan pinjol-Ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Bagi kalian yang ingin mengajukan pinjaman jangan lah tergesa gesa kalian harus memperhatikan apakah pinjol tersebut legal atau ilegal.

Pertumbuhan teknologi yang pesat membuat banyak platform pinjaman online hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

kalian sangat mudah membedakan pinjol tersebut legal atau ilegal, ingin tau cara bedainnya? Yuk simak dibawah ini.

BACA JUGA:Gas Lur! iPhone 15 & iPhone 15 Pro Max: Spesifikasi, Harga, dan Fitur Lengkap

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah perbedaan antara pinjaman online legal dan ilegal. Pinjaman online legal adalah pinjaman yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pinjaman ini memiliki aturan yang jelas dan teratur, sehingga memiliki keamanan yang lebih baik.

Sementara itu, pinjaman online illegal adalah pinjaman yang tidak terdaftar dan tidak diawasi oleh OJK. Pinjaman ini biasanya memiliki bunga yang lebih tinggi dan kurang terjamin, sehingga memiliki risiko yang lebih besar.

Untuk membedakan antara pinjaman legal dan ilegal, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan.

1.Legalitas: Pinjaman legal memiliki izin dan regulasi yang jelas dari otoritas pemerintah, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK). sedangkan Pinjaman illegal tidak memiliki izin dan regulasi yang jelas, sehingga mereka dapat melakukan kegiatan pinjaman tanpa ada pengawasan otoritas pemerintah.

BACA JUGA:Wajib Kamu Tonton! Ini Sinopsis Film 'Air Mata di Ujung Sajadah', Aktor Ternama Siap Bikin Baper Penonton

2.Bunga Pinjaman: Pinjaman legal biasanya memiliki bunga yang lebih rendah dan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan pinjaman illegal biasanya memiliki bunga yang tinggi dan tidak sesuai dengan regulasi pemerintah.

3.Sistem Pembayaran: Pinjaman legal biasanya memiliki sistem pembayaran yang teratur dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sedangkan pinjaman illegal biasanya memiliki sistem pembayaran yang tidak teratur dan tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

4.Keamanan Data Pribadi: Pinjaman legal memiliki sistem keamanan yang baik untuk melindungi data pribadi peminjam. Sedangkan pinjaman illegal tidak memiliki sistem keamanan yang baik, sehingga data pribadi peminjam dapat terancam kebocoran.

5.Penagihan: Pinjaman legal biasanya memiliki prosedur penagihan yang baik dan sesuai dengan regulasi pemerintah. Sedangkan pinjaman illegal biasanya memiliki prosedur penagihan yang tidak baik dan tidak sesuai dengan regulasi pemerintah.

BACA JUGA:Update Rincian Harga Emas di Pegadaian Hari Ini Senin, 18 September 2023: Antam dan UBS Kompak Mandek

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: