Sering Dengar Tapi Tak Tahu Apa Itu KUR? Berikut Penjelasannya

Sering Dengar Tapi Tak Tahu Apa Itu KUR? Berikut Penjelasannya

Catat! Begini Persyaratan Sebelum Ajukan KUR BRI, dan BNI--Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Hampir semua Bank di Indonesia memberikan bantuan kepada para pelaku usaha dengan pinjaman KUR.

Kita sering mendengar kata KUR atau Kredit Usaha Rakyat, namun bagaimana penjelasan lebih tepatnya, maka simak artikel ini hingga selesai.

KUR adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan.

Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

BACA JUGA:Cara Ajukan KUR BTN? Dapat Pinjaman Hingga Rp500.000.000!

Dana yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible tapi belum bankable.

Jadi KUR adalah bantuan berupa kredit yang diberikan Bank untuk kelangsungan para pelaku usaha, dengan pinjaman modal.

PENGERTIAN JELAS KUR


Ilustrasi KUR BCA--Pixabay

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebuah program pinjaman yang dikeluarkan oleh pemerintah atau lembaga keuangan dengan tujuan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan mikro di Indonesia.

BACA JUGA:BTN telah berhasil menyalurkan Kredit KUR sebesar Rp 824 Miliar hingga Juli 2023

Program ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan usaha kecil dan mikro yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Beberapa karakteristik utama dari KUR adalah:

- Tujuan Utama: Memberikan akses lebih mudah kepada pelaku usaha kecil dan mikro untuk mendapatkan pembiayaan yang dibutuhkan guna mengembangkan atau menjalankan usaha mereka.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: