Mastercard Indonesia Rilis Program Untuk Bantu UMKM, Ini Syaratnya

Mastercard Indonesia Rilis Program Untuk Bantu UMKM, Ini Syaratnya

Mastercard Indonesia Rilis Program Untuk Bantu UMKM-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.IDMastercard Indonesia merilis program Mastercard Strive Indonesia untuk membantu pengembangan UMKM, khususnya yang dikelola oleh perempuan di Indonesia.

Mastercard Center For Inclusive Growth, Dewan Nasional Keuangan Inklusif, dan Mercy Corps Indonesia bekerja sama mewujudkan program tersebut dan menargetkan untuk mampu memberdayakan 300.000 pelaku usaha pada tahun 2025.

Subhashini Chandran, Vice President, Social Impact, Asia Pacific, Mastercard Center for Inclusive Growth, mengatakan pasar e-commerce di Indonesia telah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dengan mencakup hampir 50 persen pangsa pasar dan diproyeksikan menyentuh US$ 95 miliar pada tahun 2025.

BACA JUGA:Waduh, Pasar Tanah Abang Sepi Pembeli akibat E-commerce yang Berkembang Pesat

Meskipun begitu, baru 29% dari UMKM yang telah memanfaatkan e-commerce untuk mengakses pasar dan bertumbuh. Mastercard Strive Indonesia akan terus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung melalui kemitraan guna membantu UMKM masuk dalam ekonomi digital den berkembang.

“Kami, Mastercard meyakini dalam upaya untuk mengembangkan ekonomi digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan sehingga dapat dinikmati oleh semua individu di manapun mereka berada. Kolaborasi memiliki potensi untuk membawa kemajuan yang sangat besar,” ujarnya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Sementara itu, Mastercard Strive Indonesia yang diluncurkan pada April tahun ini, bertujuan untuk memberdayakan 300.000 pelaku usaha pada tahun 2025, dengan target khusus pada usaha yang dimiliki oleh perempuan.

Mastercard Strive Indonesia berpusat pada penguatan ekosistem pendukung usaha kecil dengan menjawab tiga tantangan utama yang dihadapi oleh UMKM, yaitu mendapatkan modal, go digital, serta mengembangkan jaringan dan pengetahuan.

Dalam kesempatan ini, mitra-mitra baru yang akan mendukung program Mastercard Strive Indonesia, diantaranya, Shopee dan MicroMentor Indonesia, yang akan membantu membangun keterampilan digital melalui pemanfaatan perangkat digital mencakup penyebaran informasi, pelatihan, pendampingan, pemrosesan pembayaran, dan pemasaran digital.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: