Takut Siksa Kubur? Gus Baha: Hafalkan Surat Ini Insha Allah Selamat

Takut Siksa Kubur? Gus Baha: Hafalkan Surat Ini Insha Allah Selamat

KH Ahmad Bahauddin Nur Salim (GUS BAHA)-foto-Istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dalam kubur, tidak ada yang tahu pasti, siapa yang akan mendapat rahmat dan siksaan. 

Untuk itu, umat Muslim diharapkan melakukan menghafalkan surat ini agar bisa terhindar seseorang dari siksa kubur.

KH Ahmad Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha membeberkan tentang dahsyatnya syafaat Al-Qur’an bagi para penghafalnya. 

BACA JUGA:Setelah Dicek Tim dari FIFA, Ini Kekurangan Stadion Manahan Solo

Salah satunya ialah dapat membebaskannya dari siksa kubur. Hal ini menurutnya hanya Al-Qur’an saja yang mampu.

“Syafaatnya Al-Quran itu sampai menghalau atau menghadap sampai orang tesebut tidak terkena azab. Tapi syafaatnya selain Al-Qur’an itu setelah terkena azab diambil dari azab itu,” terang Gus Baha dikutip dari kanal YouTube Santri Online Gus Baha.

“Malam ini saya akan ngomong kepada anda bahwa ini sudah lama saya kaji bahwa malaikat (malaikat siapa saja), itu juga terkena konstitusi aturan fikih. Jadi kita sebagai manusia kita wajib menghormati penghafal Al-Qur’an, maka malaikat kena aturan yang sama. Karena Malaikat ini termasuk mahluk yang mukallaf (yang terkena tatanan Allah SWT),” terang Gus Baha.

Gus Baha melanjutkan keterangan bahwa surat yang dapat menyelamatkan manusia dari siksa kubur ialah surat Tabarak (Al-Mulk).

BACA JUGA:Ini Resep dari Anies tuk Atasi Korupsi di Tanah Air

“Sehingga Rasulullah SAW bersabda, surat Tabaraq (Al Mulk) itu disebut al-Munjiyyah, Al-Waqiyah, surat yang bisa menyelamatkan yang hafal dari siksa kubur,” tandas Gus Baha.

Gus baha juga mengisahkan perihal manusia fasik yang hendak tertimpa azab kubur. Oleh sebab orang tersebut semasa hidupnya menghafal surat tabarak, maka surat tersebut menjelma menjadi manusia dan menghadap malaikat yang bermaksud menyiksa orang tadi.

“Singkat cerita ada orang fasik, layak disiksa, ketika akan disiksa malaikat, surat tabarak muncul menjelma sebagai seseorang dan berkata: ‘kalau kamu menyiksa orang ini berarti menyiksa saya.’ Lalu malaikat berkata: ‘apakah kamu salah satu dari kalamullah?’ tentu aku tidak berani menyiksa kamu,” cerita Gus Baha.

Gus baha juga menceritakan perihal alasan malaikat hendak menyiksa orang tadi sebab memiliki sifat fasik. Sifat fasik ini merupakan sifat yang sangat berbahaya yang menghinggapi sebagian manusia.

BACA JUGA:Waduh, Layanan Internet Cepat 'Starlink' Milik Elon Musk Terancam Dapat Sanksi dari Kemkominfo

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: