Inilah Dampak Serius yang Bisa Terjadi pada Pembuluh Darah Anda Akibat Menahan Bersin

Inilah Dampak Serius yang Bisa Terjadi pada Pembuluh Darah Anda Akibat Menahan Bersin

Beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari menahan bersin yang perlu diketahui--Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pada situasi tertentu, banyak orang yang memilih untuk menahan bersin.

Namun, di balik kebiasaan ini terdapat potensi bahaya yang perlu diperhatikan.

Bersin sebenarnya adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan benda-benda yang seharusnya tidak ada di hidung, seperti bakteri, kotoran, debu, atau serbuk sari.

BACA JUGA:Anak Indigo Ramal Masa Depan Richard Eliezer: 'Kariernya Akan Lebih Bersinar'

Bersin juga merupakan salah satu aktivitas yang kuat, karena dapat mengeluarkan tetesan lendir dari hidung dengan kecepatan hingga 100 mil per jam.

Hal ini terjadi karena adanya tekanan yang kuat saat bersin. Tekanan ini mempengaruhi sistem pernapasan seperti sinus, rongga hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Para ahli percaya bahwa menahan bersin dapat menyebabkan tekanan tambahan yang tertahan di dalam tubuh dan berpotensi menyebabkan cedera yang serius.

Berikut adalah beberapa bahaya menahan bersin yang dikutip dari Healthline:

BACA JUGA:Gagal bersinar Lagi, Eden Hazard siap buktikan diri Musim Depan!

1. Gendang Telinga Pecah: Saat menahan tekanan di sistem pernapasan, udara tidak dapat mengalir langsung ke telinga. Udara dengan tekanan ini masuk ke dalam tabung di setiap telinga yang terhubung dengan gendang telinga. Para ahli mengungkapkan bahwa tekanan ini dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga dan bahkan dapat menyebabkan kehilangan pendengaran.

2. Infeksi Telinga: Bakteri yang terdapat dalam udara yang berasal dari hidung dapat berpindah ke telinga dan menyebabkan infeksi.

3. Pembuluh Darah Pecah: Menahan bersin juga dapat merusak Pembuluh Darah di beberapa titik, meskipun kasus ini jarang terjadi. Misalnya, pada mata, hidung, atau telinga. Tekanan yang meningkat akibat menahan bersin dapat menyebabkan pecahnya Pembuluh Darah. Biasanya, kondisi ini hanya menyebabkan masalah ringan seperti kemerahan pada mata dan hidung.

4. Cedera Diafragma: Diafragma adalah otot di dada. Menurut para ahli, udara dengan tekanan yang terperangkap di diafragma dapat menyebabkan paru-paru jatuh pada orang yang menahan bersin. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di dada setelah menahan bersin karena tekanan ekstra yang dialami oleh diafragma. Jika Anda mengalami kondisi ini, segera cari bantuan medis.

BACA JUGA:Pasti Sukses! 6 Jenis Pekerjaan ini Cocok Buat Orang Ekstrovert, Karier Dijamin Bersinar Brosis

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: