LRT Jabodebek Diresmikan, Jokowi Minta Masyarakat Beralih ke Transportasi Massal: Yuk Kurangi Macet dan Polusi

LRT Jabodebek Diresmikan, Jokowi Minta Masyarakat Beralih ke Transportasi Massal: Yuk Kurangi Macet dan Polusi

Jokowi resmikan LRT Jabodebek-tangkap layar (Sekretariat presiden)-Youtube

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan light trail transit (LRT) terintegrasi Jabodebek pada Senin, 28 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut, presiden Jokowi mengungkapkan bahwa proyek pembangunan LRT Jabodebek menghabiskan anggaran sebesar 32,6 Milyar.

Jokowi berharap adanya LRT terintegrasi Jabodebek ini dapat mengatasi kemacetan serta mengurangi polusi udara di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

BACA JUGA:Kembali Diberlakukan, Aturan Ganjil Genap di Wilayah DKI Jakarta Hari Ini Senin 28 Agustus 2023

Presiden Jokowi mengatakan bahwa DKI Jakarta masuk ke dalam 10 kota termacet di dunia.

"Kita tahu DKI Jakarta selalu masuk dalam 10 kota yang termacet di dunia. Setiap hari masuk 996ribu kendaraan ke Jakarta. Oleh sebab itu, macet, polusi juga selalu ada di Jakarta," tutur Jokowi dalam pidatonya saat resmikan LRT Jabodebek pada Senin, 28 Agustus 2023.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan transportasi massal berfungsi agar masyarakat beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum.

"Kenapa dibangun MRT, LRT, KRL, Transjakarta, BRT, kereta bandar? agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal," kata Jokowi.

BACA JUGA:Paranormal Wirang Birawa Bocorkan Sosok Presiden 2024: Dia Punya 'Pengaruh' Terbesar

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa proyek pembangunan LRT Jabodebek menghabiskan anggaran sebesar 32,6 Milyar.

"Dan hari ini alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta, sepanjang 41,2 KM dan menghabiskan anggaran 32,6 Triliun rupiah," jelasnya.

Jokowi berharap masyarakat antusias menggunakan LRT sehingga dapat mengurangi kemacetan dan juga polusi di sekitar DKI Jakarta.

"Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong, beralih ke LRT baik yang dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya, sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari dan juga polusi bisa kita kurangi," ucap Jokowi.

BACA JUGA:Nekat! Emak-emak Niat Lempar Sandal ke Arah Jokowi di Deli Serdang: 'Kami Mencari Keadilan'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: