Rilis! 9.919 Calon Dalam DCS Anggota DPR RI Pemilu 2024 Telah Ditetapkan KPU

Rilis! 9.919 Calon Dalam DCS Anggota DPR RI Pemilu 2024 Telah Ditetapkan KPU

Daftar Parpol peserta pemilu 2024--Bawaslu Pemalang

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 sangat penting bagi masa depan bangsa Indonesia. 

Diharapkan masyarakat bisa lebih bijak dalam bersikap, cerdas dalam memilih wakilnya, dengan mengetahui rekam jejak caleg yang akan dipilih sebagai wakil rakyat nantinya.

Oleh sebab itu, KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapannya terhadap DCS tersebut pada 19 hingga 28 Agustus 2023.

BACA JUGA:Video Viral di Media Sosial, Oknum TNI Diduga Memukul Tukang Parkir di Bandung!

Adapun Daftar Calon Sementara atau DCS terdiri dari Daftar Calon Sementara Anggota DPR, Daftar Calon Sementara Anggota DPRD provinsi, dan Daftar Calon Sementara Anggota DPRD kabupaten/kota.

Selain itu juga memuat seperti nomor urut Partai Politik Peserta Pemilu, nama Partai Politik Peserta Pemilu, tanda gambar Partai Politik Peserta Pemilu, nomor urut calon, foto diri terbaru calon, nama lengkap calon, kabupaten/kota tempat tinggal calon serta jenis kelamin.

Kemudian berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Pada tanggal 19 hingga 23 Agustus 2023 Komisi Pemilihan Umum akan mengumumkan DCS Anggota DPR untuk Pemilu 2024 kepada publik.

BACA JUGA:Remaja Merekam dan Menyebar Video Mesum di Hotel Kendari, Kedua Pelaku Ditahan Polisi!

Perlu diketahui, sejak 1 hingga 14 Mei 2023 pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) oleh partai politik peserta pemilu sudah berlangsung. Adapun proses pencalonan ini sebagai salah satu langkah awal mewujudkan lembaga legislatif.

Kemudian informasi mengenai DCS, akan diinformasikan di laman resmi KPU RI, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota, media massa nasional/lokal, dan media elektronik. 

Jadi masyarakat bisa mengetahui nama-nama caleg yang berkontestasi di daerah pemilihan (Dapil) mereka untuk Pemilu 2024.

Jumlah Calon Dalam DCS Anggota DPR RI Pemilu 2024

BACA JUGA:Influencer Crazy Rich Indonesia Diburu Bareskrim Polri Terkait Penipuan Investasi

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: