Perjalanan Pengakuan Internasional atas Kemerdekaan Indonesia, Berikut Sejarah dan Negara-negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia!

Perjalanan Pengakuan Internasional atas Kemerdekaan Indonesia, Berikut Sejarah dan Negara-negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia!

Soekarno-Wikipedia-Tangkapan layar

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah titik awal perjuangan untuk mendapatkan pengakuan internasional sebagai negara merdeka.

Ada empat syarat penting yang harus dipenuhi agar suatu negara diakui sebagai negara merdeka, termasuk memiliki populasi yang tetap, wilayah teritorial yang stabil, struktur pemerintahan yang berdaulat, dan pengakuan dari negara lain.

Setelah proklamasi kemerdekaan tersebut, Indonesia harus menjalani perjalanan panjang untuk memenuhi syarat keempat, yaitu mendapatkan pengakuan dari negara-negara lain.

Upaya ini melibatkan para tokoh bangsa yang ditugaskan ke luar negeri untuk mendapatkan pengakuan. Akhirnya, beberapa negara pertama pun mengakui kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Tak Asal WFH, Pj Gubernur DKI Jakarta Tegaskan: Aturan WFH Bakal Dihapus jika ASN Tak Disiplin!

1. Mesir

Mesir menjadi negara pertama yang secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia pada 22 Maret 1946.

Pengakuan ini dilakukan atas dasar berbagai alasan, termasuk kesamaan agama, banyaknya mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Mesir, dan hubungan kuat dalam hal haji dan kerja.

2. India

Meskipun India merdeka dua tahun setelah Indonesia pada tahun 1947, India dengan antusias mendukung Indonesia dalam perjuangannya.

Persahabatan antara Soekarno-Hatta dengan pemimpin Partai Kongres Nasional India, Jawaharlal Nehru, memperkuat dukungan tersebut.

BACA JUGA:PDIP Buka Pintu bagi Golkar, DPP Golkar: 'Kan Sudah Menentukan Sikap'

Bantuan beras dari Indonesia untuk mengatasi kelaparan di India memperkuat hubungan kedua negara.

3. Suriah

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: