Polusi Udara Dapat Memicu 4 Jenis Penyakit Jantung, Simak Alasannya

Polusi Udara Dapat Memicu 4 Jenis Penyakit Jantung, Simak Alasannya

Penyakit jantung yang dipicu oleh polusi udara--Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Selain berbahaya bagi saluran pernapasan, polusi udara juga bisa memicu penyakit jantung jika seseorang terlalu banyak menghirup polusi udara

Berdasarkan keterangan dari Dokter spesialias jantung menjelaskan bahwa polutan yang terkandung di dalam udara yang tercemar di Jakarta bisa menyebabkan beberapa risiko penyakit jantung.

Campuran partikel halus yang terdapat di Partikulat (PM2.5), yaitu oksida nitrogen, karbon monoksidan, serta zat-zat partikel kecil halus lainnya bisa menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan kardiovaskular atau jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA:Polusi Udara Memburuk, 50 Persen ASN Pemprov DKI Jakarta WFH Mulai Hari Ini

Zat partikel halus tersebut akan masuk ke dalam tubuh lewat pembuluh darah yang dapat mengubah cara kerja sel menjadi tidak seimbang.

Penyakit Jantung yang Timbul Akibat Polusi Udara

Adapun empat jenis penyakit jantung yang akan muncul jika seseorang terlalu sering terpapar polusi udara yaitu sebagai berikut:

1. Hipertensi

Penyakit jantung yang yang membayang-bayangi seseorang yang sering terpapar polusi udara yaitu hipertensi atau darah tinggi.

BACA JUGA:Mulai Hari Ini PNS DKI Jakarta WFH Demi Tekan Tingkat Polusi Udara

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh European Heart Journal menjelaskan bahwa orang dewasa yang tinggal di lingkungan yang memiliki polusi lebih rentan terkena tekanan darah tinggi.

Pasalnya, paparan polusi tersebut bisa menyebabkan peradangan dalam pembuluh darah seseorang. Akibatnya, risiko tekanan darah tinggi akan semakin meningkat.

2. Gagal Jantung

Bukan hanya hipertensi, gagal jantung juga bisa muncul akibat terlalu sering terpapar polusi udara.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: