Pondok Pesantren Al-Zaytun Kebakaran? Begini Kata Kapolres Indramayu

Pondok Pesantren Al-Zaytun Kebakaran? Begini Kata Kapolres Indramayu

Potongan video kebakaran yang tersebar viral di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, ternyata telah dipastikan sebagai video hoaks oleh Polres Indramayu. --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Heboh adanya potongan video kebakaran yang tersebar viral di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.

Akan tetapi setelah ditelusuri ternyata telah dipastikan sebagai video hoaks oleh Polres Indramayu. 

Video tersebut menampilkan tulisan besar dengan latar belakang warna hijau yang mengklaim bahwa ribuan warga Indramayu akan membakar Pondok Pesantren Al-Zaytun.

BACA JUGA:Lumrah di Mekkah, Laki-Laki Salat Bercampur dengan Perempuan; Mengapa di Al Zaytun Jadi Soal?

Diketahui Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar melalui Kasi Humas Polres Indramayu, Ipda Tasim, membenarkan bahwa video tersebut adalah hoaks. 

Ipda Tasim menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran yang terlihat dalam video memang benar-benar terjadi di wilayah Kabupaten Indramayu, tetapi bukan di Pondok Pesantren Al-Zaytun yang dipimpin oleh Panji Gumilang.

Ia memaparkan kalau kebakaran sebenarnya terjadi di Desa Kalianyar, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, pada tanggal 11 Mei 2023 lalu.

Kebakaran tersebut terjadi di sebuah toko atau rumah toko, bukan di Pondok Pesantren Al-Zaytun.

BACA JUGA:Siapa Pablo Benua? Ini Sosok Pria yang Siap Jadi Donatur Ponpes Al Zaytun

Tasim juga mengingatkan pentingnya bersikap bijak dalam menggunakan media sosial dan menyaring informasi sebelum menyebarkannya. 

Dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi berita hoaks dan penyebaran informasi palsu.

Peristiwa ini menunjukkan bagaimana berita palsu atau hoaks dapat dengan cepat menyebar melalui media sosial, dan penting bagi masyarakat untuk selalu memeriksa dan memastikan kebenaran informasi sebelum mempercayainya atau menyebarkannya lebih lanjut.  

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: