Kisah Nuaiman Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga: 'Dia Selalu Membuat Rasulullah Tertawa'

Kisah Nuaiman Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga: 'Dia Selalu Membuat Rasulullah Tertawa'

Kisah Nuaiman Sahabat Nabi yang Humoris-ilustrasi -pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kisah Nuaiman merupakan salah satu kisah sahabat Rasulullah yang menarik untuk diulik. Pasalnya, dalam riwayat dikatakan beliau selalu mampu membuat Rasulullah tertawa.

Berbeda dari sifat sahabat nabi lainnya, Nuaiman punya sifat jenaka dan jahil kepada para sahabat nabi lainnya, bahkan termasuk kepada nabi sekalipun. Sifatnya tersebutlah yang akhirnya selalu membuat nabi bahagia.

Bahkan dalam suatu riwayat dikatakan Nuaiman dijamin masuk surga karena selalu menghibur Rasulullah SAW dengan sifat jenakanya tersebut.

BACA JUGA:Viral! Heboh Penemuan Harta Karun Berisi Emas di Sungai Komering, Polisi: Membahayakan

Siapakah Nuaiman yang selalu bikin Rasulullah SAW tertawa?

Saking jenakanya sahabat nabi yang satu ini, dia bahkan dikatakan dijamin masuk surga. Berikut beberapa cerita lucu Nuaiman.

Kisah Nuaiman ‘Menjual’ Temannya

Dalam suatu waktu, Nuaiman diajak oleh Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq bersama Suwaibith bin Harmalah untuk pergi berniaga ke negeri Syam. Ketika sampai di sana, Abu Bakar Ash-Shiddiq pergi untuk berdagang sendiri. Sedangkan, Suwaibith ditugaskan menjaga perbekalan karena dikenal sangat amanah.

BACA JUGA:Gampang Banget! Begini Cara Lihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Oleh Pengirim

Nuaiman yang bosan menunggu Abu Bakar datang kepada Suwaibith di waktu siang sambil mengatakan dirinya merasa sangat lapar. 

Namun, Suwaibith menolak ajakan tersebut dan bersikukuh menjaga amanah dari Abu Bakar untuk menjaga perbekalan. Sehingga dirinya tidak memberikan bekal, meski hanya sepotong roti, kepada Nuaiman sampai Abu Bakar datang dan memerintahkannya.

Nuaiman kemudian berkata, "Berikan aku sepotong roti itu, atau kau akan kuberi pelajaran”. Lalu, dirinya pergi meninggalkan Suwaibith. 

Dia pun berjalan ke pasar dan menemukan penjual hamba sahaya yang tengah menjual hamba sahaya dengan harga cukup mahal.

BACA JUGA:Sholawat Agar Pintu Rezeki Terbuka, Gus Baha Ajarkan Amalan Ini untuk Kamu Baca!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: