Survei Capres 2024: Prabowo Lagi-Lagi Mendominasi

Survei Capres 2024: Prabowo Lagi-Lagi Mendominasi

elektabilitas prabowo terus naik-@prabowo-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menurut hasil survei terbaru dari Lembaga Survei dan Poling Indonesia (SPIN) yang dirilis pada tanggal 4 Agustus, elektabilitas Prabowo Subianto tetap mendominasi sebagai bakal calon presiden (capres) pilihan di Pilpres 2024.
 
Survei tersebut juga menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan hanya memiliki selisih sedikit dari elektabilitas Ganjar Pranowo.
 
Dalam survei tersebut, dari 13 bakal capres yang disurvei pada bulan Juli 2023, Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 34 persen, unggul dari Ganjar Pranowo dengan 20,1 persen dan Anies Baswedan dengan 19 persen.
 
Ganjar Pranowo didukung oleh PDI Perjuangan dan PPP, sementara Anies Baswedan diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yaitu partai NasDem, Demokrat, dan PKS.
 
Prabowo Subianto mendapatkan dukungan dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang terdiri dari Partai Gerindra dan PKB.
 
 
Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara, menyatakan bahwa peningkatan elektabilitas Prabowo Subianto dipengaruhi oleh sejumlah blunder yang dilakukan oleh bakal capres dari koalisi lain.
 
"Angka persentase ini terus meningkat," ungkap Igor.
 
Survei tersebut juga melakukan simulasi dengan hanya melibatkan tiga capres, yaitu Prabowo, Ganjar, dan Anies.
 
Dalam simulasi ini, Prabowo unggul dengan 41,7 persen, diikuti oleh Ganjar dengan 30,3 persen, dan Anies dengan 21 persen.
 
Igor menambahkan bahwa adanya sosok Prabowo Subianto yang bergabung dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf telah meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi.
 
 
Sebanyak 81,2 persen responden setuju dengan sikap Prabowo yang bergabung dalam pemerintahan, dan angka persentase ini terus meningkat.
 
Kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan juga mendapatkan penilaian positif dari 18,9 persen publik.
 
Survei SPIN dilakukan pada tanggal 15 hingga 25 Juli 2023 dengan melibatkan 1.230 responden di 34 provinsi.
 
Metode sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung menggunakan kuesioner.
 
Margin of error pada survei ini adalah +/- 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: