Jangan Sampai Salah Pilih! Tips Memilih Buah Alpukat yang Matang Sempurna dan Layak Dikonsumsi

Jangan Sampai Salah Pilih! Tips Memilih Buah Alpukat yang Matang Sempurna dan Layak Dikonsumsi

Foto: Ilustrasi by Pexels-Taryn Elliott-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang banyak dijumpai di Indonesia.

Buah ini mengandung nutrisi, kaya serat, vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

Namun, ketika sedang membeli buah alpukat di pasar atau supermarket, kita sering bingung memilih buah mana yang matang dengan benar.

BACA JUGA:Ampuh Turunkan Berat Badan! Ini 9 Macam Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Program Diet

Agar tak salah pilih, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan buah alpukat yang bagus dan layak untuk dikonsumsi.

1. Cermati warna kulit buah alpukat

Alpukat yang telah matang, dapat dilihat hanya dengan mengamati permukaan kulitnya. Bagi Anda yang ingin membeli alpukat yang matang, pilihlah kulit mangga yang berwarna hijau gelap hampir seperti warna hitam.

2. Tekstur permukaan alpukat

Untuk mengetahui alpukat tersebut telah matang, perlu Anda lakukan dengan memegang tekstur buah serta menekan permukaan kulit. Alpukat yang matang memiliki tekstur yang empuk dan tidak terlalu keras.

3. Cek kulit alpukat

Untuk mengetahui alpukat yang akan Anda beli sudah matang atau belum, Anda bisa mengeceknya hanya dari kulitnya. Cobalah kupas sedikit kulit alpukat dari badannya, pasalnya alpukat yang telah matang akan mudah dikelupas.

BACA JUGA:5 Tips Memilih Buah Mangga yang Manis dan Matang Sempurna, Cukup Dilihat dari Kulitnya!

4. Cermati pangkal batang

Tips lainnya adalah dapat dikenali dengan melihat bagian pangkal batang buah alpukat. Jika lubang tempat batang pada alpukat berwarna hijau, tandanya sudah matang. Namun, jika berwarna kecokelatan, tandanya alpukat masih mentah. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: