Pembangunan Selama 12 Tahun: Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu!

Pembangunan Selama 12 Tahun: Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu!

Tol Cisumdawu-foto-Istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Presiden Jokowi pada Selasa har ini, 11 Juli 2023 meresmikan Tol Cisumdawu, ruas Tol sepanjang 60,3 kilometer melewati Bandung – Sumedang – Majalengka.

Sesuai agenda, untuk meresmikan Tol Cisumdawu, Presiden Jokowi akan terbang dari Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta dengan pesawat kepresidenan dan mendarat di Bandara Kertajati.

Selain mersmikan Tol Cisumdawu yang dipusatkan di gerbang tol atau GT Ujung Jaya Utama, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan menemui rakyat di Pasar Ujung Jaya, lalu ke Bandung untuk melihat Stadion Si Jalak Harupat.

BACA JUGA:Bisa Buat Belajar! Inilah 7 Daftar Game Aplikasi Android yang Cocok untuk Anak-Anak

Jalan tol ini menghubungan Kota Bandung dengan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali). Sedangkan pembangunan tol sepanjangn 61,6 kilometer ini menghabiskan biaya Rp 18,3 triliun.

"Dari pemerintah Rp 9,07 triliun, sisanya Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta swasta," kata Jokowi saat meresmikan tol tersebut di Sumedang, Jawa Barat, Selasa 11 Juli 2023

Jokowi mengatakan Tol Cisumdawu sudah dibangun sejak 2011. Meski demikian, pembangunannya baru rampung 12 tahun kemudian karena masalah lahan.

Kondisi ini disebutnya menjadi penghambat operasional Bandara Kertajati. Jokowi mengatakan dua infrastruktur ini dibangun agar rampung berbarengan.

BACA JUGA:Pengguna Threads Terus Melambung Tinggi, Elon Musk Sindir Zuckerberg!

Dengan rampungnya Cisumdawu, Jokowi berharap Bandara Kertajati bisa beroperasi dengan penuh. Presiden optimistis penerbangan menuju bandara tersebut bisa bertambah dengan adanya tol penunjang. "Kami mulai melihat banyak keinginan negara-negara luar masuk ekuitasnya, baik operasional maupun untuk meningkatkan traffic," kata Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan, kehadiran Tol Cisumdawu ini, perjalanan dari Cileunyi ke Cipali hanya memakan waktu 40 menit.

"Ini sekarang cuma 40 menit kalo dari ujung Cileunyi sampai Cipali. Kalau jalan di tol ini kan minimal 80 km per jam," kata Basuki kepada wartawan, Selasa 11 Juli 2023

BACA JUGA:Suami Selebgram Meylisa Zaara Diduga 'Ngamar' Bareng Pria di Hotel!

Basuki menambahkan, ruas Tol Cisumdawu akan menghubungkan Cipali dengan Bandar Udara Kertajati yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: