Kemacetan Jakarta Makin Menggila, Sesi Dua Jam Kantor Segera di Uji Coba, Kapan?

Kemacetan Jakarta Makin Menggila, Sesi Dua Jam Kantor Segera di Uji Coba, Kapan?

Ilustrasi Kemacetan--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pemprov DKI JAKARTA mewacanakan pembagian jam masuk kantor demi urai macet. Pengaturan jam masuk kerja itu segera diuji coba.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pembagian jam masuk kantor dikaji dalam sesi yakni pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB. Namun kebijakan ini masih dibahas dengan Polisi dan stakeholder lain.

Heru menyampaikan pembagian jam masuk karyawan bisa disesuaikan dengan perusahaan masing-masing. Prinsipnya, pembagian jam masuk diupayakan untuk mengurangi volume kendaraan di satu waktu.

BACA JUGA:Hati-Hati, Threads Ternyata Sedot Banyak Data Pengguna

Rupanya, usulan pukul 08.00 dan 10.00 WIB ini diambil berdasarkan analisis data arus kemacetan Dishub DKI Jakarta. 

Kemacetan Jakarta cenderung terjadi pada pukul 07.00 WIB karena mayoritas perusahaan menerapkan jam masuk kerja pukul 08.00 WIB.

Namun, wacana pemisahan ini masih dalam tahap pembahasan di lingkup Pemprov DKI Jakarta saja. Pemprov DKI Jakarta akan melakukan Forum Group Discussion (FGD) dengan melibatkan masyarakat hingga akademisi.

BACA JUGA:Wow, Baru Diluncurkan, Pesaing Twitter ini Sudah Punya 30 Juta Pengguna

Focus group discussion (FGD) terkait penanganan kemacetan Jakarta akhirnya digelar. Salah satu yang dibahas adalah mengenai usulan pengaturan jam kerja bagi karyawan.

FGD diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Kamis 6 Juli 2023. 

Heru awalnya mengibaratkan penumpukan kendaraan di jalanan Ibu Kota, khususnya di pagi hari pukul 06.00 WIB seperti air bah.

Atas hal tersebut, lanjut Heru, diperlukan pengaturan jam kerja untuk mengurai kepadatan. Solusi tersebut sempat dibahas dalam pertemuan Heru bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya.

BACA JUGA:Presiden Fenerbahce Tak Terima Arda Guller Pilih Real Madrid Alih-Alih Barcelona

"Banyak masukan-masukan bagaimana kalau jam kerja dibagi. Terutama pada saat saya diskusi dengan Pak Kapolda, Pak Dirlantas. Kalau jam 6 itu seperti air bah. Dari Bekasi, Tangerang, Depok, jam yang sama menuju Jakarta. Bagaimana solusinya? Ada yang masuk jam 8, ada yang masuk jam 10," kata Heru di lokasi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: