Belum Bisa Berkurban, Lakukan Amalan Ini Biar Dapat Pahala Ikut Melimpah Ruah

Belum Bisa Berkurban, Lakukan Amalan Ini Biar Dapat Pahala Ikut Melimpah Ruah

Amalan bagi yang belum bisa berkurban-ilustrasi -Istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Banyak orang yang belum bisa melakukan kurban lantaran belum memiliki simpanan uang untuk membeli hewan qurban.

Tak perlu khawatir, ternyata ada amalan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala yang setara dengan berkurban.

Sebagaimana diketahui, berkurban adalah suatu halyang tidak diwajibkan namun disarankan.

BACA JUGA:Bank Indonesia Siap Redenominasi Uang Rupiah, Tapi Landasan Hukumnya Belum Siap

Lantas, apa sih amalan yang setara pahalanya dengan berkurban? Yuk kita lihat dibawah ini.

1. Datang Awal ke Masjid saat Sholat Jumat Pahalanya Setara Kurban

Bersandar pada sebuah hadist yang dinukil Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya 'Ulumuddin Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ رَاحَ إِلَى الْجُمُعَةِ فِي السَّاعَةِ الْأُوْلَى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدْنَةً وَمَنَ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كِبَشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا أَهْدَى دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا أَهْدَى بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامَ طُوِيَتِ الصُّحُفُ وَرُفِعَتِ الْأَقْلَامُ وَاجْتَمَعَتِ الْمَلَائِكَةُ عِنْدَ الْمِنْبَرِ يَسْتَمِعُوْنَ الذِّكْرَ فَمَنْ جَاءَ بَعْدَ ذَلِكَ فَإِنَّمَا جَاءَ لِحَقِّ الصَّلَاةِ لَيْسَ لَهُ مِنَ الْفَضْلِ شَيْءٌ

Artinya: "Barang siapa yang berangkat salat Jumat pada jam pertama, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor unta. Barang siapa yang berangkat pada jam kedua, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor sapi. Barang siapa yang berangkat pada jam ketiga, maka seakan-akan dia berkurban dengan kambing yang bertanduk. Barang siapa yang berangkat pada jam keempat, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor ayam. Dan barang siapa yang berangkat pada jam kelima, maka seakan-akan dia berkurban sebutir telur. Apabila imam keluar (memulai khutbah), maka catatan amal sudah ditutup, qalam pencatat sudah diangkat, dan para malaikat berkumpul di dekat mimbar untuk mendengarkan zikir. Barang siapa yang datang setelah itu, maka ia datang hanya untuk memenuhi hak salatnya dan tidak mendapatkan keutamaan apapun." (HR Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Moeldoko Bantah Ingin Jegal Anies Baswedan di Pilpres 2024

Maksud dari jam pertama adalah sampai terbitnya matahari. Kemudian, jam kedua sampai matahari meninggi. Lalu, jam ketiga berlangsung hingga cahaya matahari menyebar. Jam keempat dan kelima sesudah waktu dhuha yang paling tinggi (akhir) hingga tergelincirnya matahari.

2.Membaca Tahmid, Tasbih dan Takbir

Amalan yang pahalanya setara dengan kurban adalah bertakbir, bertahmid dan juga bertasbih. Dengan membaca takbir, tahmid dan tasbih sebanyak 100 kali kamu akan mendapatkan ganjaran pahala setara dengan ibadah kurban.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: