Kilat! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tembus 300k Km/Jam

Kilat! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tembus 300k Km/Jam

kereta cepat jakarta bandung-PT KCIC-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID-Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tembus kecepatan 300 km/jam setelah di uji coba oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Uji coba KCJB yang dilaksanakan pada Jumat, 16 Juni 2023 berjalan cukup lancar, meskipun sempat diterjang hujan deras.

"Pengujian berjalan sangat lancar meskipun cuaca sedang hujan deras di sepanjang jalur KCJB. Pada pengetesan hari ini, Kereta Inspeksi KCJB mampu menembus kecepatan hingga 300 kilometer per jam dengan sangat stabil," ujar Manajer Corporate Communication KCIC Emir Monti di Jakarta, pada Sabtu, 17 Juni 2023.

BACA JUGA:Heboh! Pimpinan Ponpes Al Zaytun Sebut Meragukan Al Quran Sebagai Firman Allah. Begini Reaksi MUI!

Emir juga mengatakan bahwa kereta tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit, untuk menempuh jarak dari stasiun Bekasi ke stasiun Tegalluar.

"Kemarin pengecekan dari Bekasi sampai Tegalluar sekitar 35 menit," ujar Emir.

Durasi perjalanan tersebut terbilang jauh lebih singkat, dibanding biasanya yang membutukan waktu 3-4 jam perjalanan, jika menggunakan mobil.

Pencapaian hebat tersebut merupakan hasil dari prasarana yang disempurnakan, seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan faktor keselamatan, serta monitoring, dan evaluasi yang terus dilakukan secara rutin.

BACA JUGA:Nahdlatul Ulama Mengharamkan Warganya Mengenyam Pendidikan di Pondok Pesantren Al Zaytun!

Uji coba KCJB tersebut dilangsungkan menggunakan Kereta Inspeksi dan diawasi oleh Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dll.

Dari pengujian tersebut, KCIC menuturkan bahwa kecepatan kereta tersebut yang tembus hingga 300 km/jam bukanlah kecepatan maksimal yang bisa diraih.

Dan KCIC juga akan melakukan pengujian dengan hati-hati secara terus menerus dan bertahap hingga mencapai puncak kecepatan kereta tersebut.

"Pengujian akan terus dilakukan dengan penuh kehati-hatian di mana secara bertahap laju KCJB akan ditingkatkan untuk mencapai puncak kecepatan operasionalnya di 350 kpj hingga puncak kecepatan teknisnya di 385 kpj," kata Emir.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: