Kota Solo Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia AFC U-23 2024 di Stadion Manahan

Kota Solo Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia AFC U-23 2024 di Stadion Manahan

--ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, telah mengumumkan bahwa Kota Solo telah ditunjuk sebagai tuan rumah kualifikasi Piala Asia AFC U-23 2024.

Pertandingan akan berlangsung di Stadion Manahan pada bulan September mendatang.

Erick menyatakan bahwa Stadion Manahan telah dinilai layak oleh FIFA untuk menyelenggarakan pertandingan internasional setelah dilakukan inspeksi pada bulan Maret.

Hal ini menjadi salah satu alasan utama mengapa Kota Solo dipilih oleh PSSI sebagai tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

Erick mengungkapkan kepuasannya terhadap kesiapan Stadion Manahan yang telah terawat dengan baik. Fasilitas media juga sudah siap, dan hal ini telah disetujui oleh AFC serta lulus dalam inspeksi FIFA.

Erick juga mengakui bahwa dukungan dari suporter Persis Solo yang banyak dan siap mendukung timnas menjadi faktor penting dalam pemilihan Kota Solo sebagai tuan rumah.

Erick berharap agar AFC terus mempercayai Indonesia dan tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepak bola Tanah Air.

Stadion Manahan adalah salah satu dari 22 stadion di Indonesia yang telah direnovasi oleh pemerintah agar sesuai dengan standar FIFA.

Erick berharap bahwa di masa depan, akan ada semakin banyak stadion berkualitas tinggi di Indonesia untuk memfasilitasi pertandingan internasional, nasional, Liga 1, dan Liga 2.

Hal ini diharapkan dapat berdampak pada pertumbuhan sektor ekonomi, melibatkan UMKM, dan menciptakan budaya menonton yang tertib, aman, dan nyaman.

"Bicara stadion, Manahan saya nilai sudah sangat siap dan terawat. Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC dan telah lulus saat diinspeksi FIFA. Begitu pula suporter Persis yang tidak cuma banyak, juga pasti siap mendukung timnas," kata Erick saat meninjau Stadion Manahan, Kota Solo, seperti dilansir laman resmi PSSI, Minggu.

"Tolong dijaga kepercayaan dari AFC kepada kita, sehingga tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepak bola Indonesia," tambahnya.

Pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Indonesia akan berada di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan. Fase kualifikasi akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 12 September, dengan 45 tim yang dibagi menjadi 11 grup.

Hanya juara grup dan empat tim peringkat kedua terbaik yang akan lolos ke putaran final di Qatar.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: