Resmi Jadi Logo Ibu Kota Nusantara, Ini Makna Pohon Hayat di Balik Logo IKN yang Viral!

Resmi Jadi Logo Ibu Kota Nusantara, Ini Makna Pohon Hayat di Balik Logo IKN yang Viral!

--Tangkapan layar

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan logo baru Ibu Kota Indonesia (IKN) Selasa lalu, 30 Mei 2023 di Istana Negara Jakarta.

Logo kemudian menjadi ekspresi visual.

Tema IKN adalah pohon kehidupan yang memiliki banyak makna.

“Pohon kehidupan adalah pohon kehidupan dan kita semua berharap logo pohon kehidupan dapat menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat tinggal baru bagi kita semua, yang akan menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia di dunia. masa depan," kata Jokowi mengutip dari menpan.go.id.

Menurut Jokowi, logo tersebut merepresentasikan filosofi yang sejalan dengan semangat pengembangan IKN, yakni mengedepankan rasa bangga terhadap jati diri bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar dan majemuk.

Gambar Pohon Kehidupan terdiri dari lima akar melambangkan Pancasila, tujuh batang melambangkan pulau besar Indonesia dan 17 bunga mekar melambangkan kemerdekaan abadi.

Apakah pohon kehidupan itu?

Mengutip dari Britannica, pohon kehidupan adalah pohon kehidupan.

Ini adalah arketipe luas yang umum bagi banyak agama, mitologi, dan cerita rakyat.

Pohon kehidupan adalah konsep umum dalam budaya di seluruh dunia.

Terkadang melambangkan sumber kehidupan, kekuatan yang menyatukan semua kehidupan, atau siklus hidup dan mati itu sendiri.

Melansir dari Dari Pohon Hayat ke Gunungan Wayang Kulit Purwa (Fenomena Transformasi Budaya): Pohon Hayat juga dikenal sebagai pohon Kalpataru.

Kalpataru berasal dari akar kata kalp yang artinya harapan atau harapan, pohon yang dapat mengabulkan segala keinginan orang yang memujanya.

Kalpataru juga berasal dari kata kalpa, artinya waktu dunia, jangka waktu yang sangat panjang, masa antara penciptaan dan kehancuran dunia, dan taru, artinya pohon.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: