Wih Canggih, Kongko-Keliling UI Kini Bisa Pakai Sepeda Listrik

Wih Canggih, Kongko-Keliling UI Kini Bisa Pakai Sepeda Listrik

Sumber: Istimewa--

JAKARTA - POSTINGNEWS.ID - Universitas Indonesia (UI) dan PT Beam Mobility Indonesia telah mengumumkan peluncuran resmi penggunaan sepeda listrik Beam Rover di kampus UI Depok.
 
Hal ini merupakan bagian dari komitmen UI dalam menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, berkelanjutan, dan sesuai dengan perkembangan teknologi.
 
Peluncuran Beam Rover merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan antara Rektor UI, Ari Kuncoro, dan Direktur Utama PT Beam Mobility Indonesia, Alan Jiang.
 
Dedi, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah maju dalam meningkatkan layanan mobilitas di kampus sekaligus menunjukkan komitmen UI terhadap pelestarian lingkungan.
 
“Saya yakin kerja sama ini akan memberikan dampak positif yang besar," ujar Dedi dalam peluncuran penyediaan layanan sepeda listrik ini di Taman Lingkar Perpustakaan UI, Selasa (30/5).
 
sepeda listrik Beam Rover memberikan alternatif transportasi yang efisien, hemat waktu, dan ramah lingkungan bagi mahasiswa, dosen, dan staf UI.
 
Ady Muzadi, Country Head PT Beam Mobility Indonesia, menyampaikan kegembiraannya dalam bekerja sama dengan UI untuk mendorong gerakan green living di Indonesia.
 
PT Beam Mobility Indonesia telah mendapatkan sertifikasi Climate Neutral pada tahun 2019 sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon.
 
“Layanan yang kami berikan merupakan wujud sebenarnya dari micro-mobility di mana kami memfasilitasi mobilitas mahasiswa di lingkungan kampus melalui armada listrik," ujar Ady.
 
Mereka menerapkan Rencana Aksi Pengurangan untuk mengurangi emisi dalam operasional mereka dan menggunakan armada listrik dari sumber terbarukan bersertifikasi.
 
Beam Rover telah diuji coba di area UI sejak 25 Mei 2023.
 
Dalam peluncuran perdana, terdapat 450 unit sepeda yang dapat digunakan di 42 titik parkir yang tersebar di seluruh kampus UI.
 
sepeda listrik Beam Rover memiliki batas kecepatan maksimum 25 kilometer per jam, dilengkapi dengan baterai cadangan, dan fitur teknologi Internet of Things (IoT).
 
Pengguna dapat mengoperasikan Beam Rover di area UI antara pukul 05.00 hingga 23.00 WIB.
 
Untuk menggunakan layanan ini, pengguna perlu mengunduh aplikasi Beam dari App Store atau Google Play, menemukan sepeda listrik terdekat melalui aplikasi, dan melakukan pemindaian kode QR serta mengikuti petunjuk di dalam aplikasi untuk membuka kendaraan.
 
Pengguna juga harus menggunakan helm dan memeriksa semua peralatan kendaraan sebelum berkendara.
 
Pembayaran untuk penggunaan layanan ini dapat dilakukan menggunakan kartu kredit/debit atau melalui metode pembayaran populer di Indonesia, seperti Shopeepay dan Dana.
 
Ady juga menyampaikan harapannya untuk memperluas jangkauan layanan Beam ke seluruh Indonesia.
 
Selain itu, setiap orang yang mendaftar melalui aplikasi Beam secara otomatis akan berkesempatan memenangkan layanan Beam gratis selama setahun penuh melalui undian yang diselenggarakan.
 
Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi tersebut dapat ditemukan di akun Instagram Beam @ridebeam.indonesia.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: