Alhamdulillah, Bandara Kertajati Kini Sudah Bisa Digunakan untuk Keberangkatan Haji

Alhamdulillah, Bandara Kertajati Kini Sudah Bisa Digunakan untuk Keberangkatan Haji

Dok. Kementerian Agama--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menghadiri acara keberangkatan jemaah haji pertama dari Embarkasi Kertajati (KJT-01) di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.
 
Ini adalah penerbangan haji perdana sejak berdirinya Bandara Kertajati.
 
Menag Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa penerbangan ini merupakan yang pertama bagi jemaah haji di Jawa Barat bagian utara.
 
Dia juga mengungkapkan rencana untuk skenario ke depannya, di mana jemaah haji dari Jawa Tengah bagian barat dan selatan juga akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati.
 
Data dari Sistem Informasi Komputerisasi haji Terpadu (Siskohat) menunjukkan bahwa Kloter KJT-01 terdiri dari 366 jemaah haji dan delapan petugas.
 
Kloter pertama dari Embarkasi Kertajati ini berasal dari Kabupaten Majalengka.
 
Pada musim haji 1444H/2023M ini, Embarkasi Kertajati akan memberangkatkan total 24 kloter jemaah haji Jawa Barat yang berasal dari tujuh kabupaten/kota, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Subang.
 
Menag juga menyempatkan waktu untuk berbicara dengan para jemaah haji di Bandara Kertajati.
 
Khusus bagi jemaah haji lansia, Menag memberikan pesan agar tetap menjaga kondisi fisik selama beribadah dan meminta bantuan petugas jika diperlukan.
 
Ia juga mengingatkan para jemaah bahwa cuaca di Arab Saudi sangat panas, dengan suhu mencapai 50 derajat Celsius.
 
"Tadi saya cek, hari ini suhunya mencapai 50 derajat celcius. Jangan lupa gunakan alat pelindung diri bila ingin beraktivitas di luar," pesan Yaqut.
 
"Bawa payung atau topi, bawa juga semprotan air untuk membasahi wajah atau bagian kulit yang terpapar matahari. Dan jangan lupa untuk sering minum untuk menghindari dehidrasi," lanjutnya.
 
Menag menyarankan penggunaan alat pelindung diri seperti payung, topi, dan semprotan air untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.
 
Dia juga mengingatkan para jemaah untuk minum air secara teratur agar terhindar dari dehidrasi.
 
Acara keberangkatan Kloter KJT-01 juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily, anggota Komisi VIII DPR RI, Dirjen PHU Hilman Latief, Irjen Kemenag Faisal, serta Kakanwil Kemenag Jawa Barat Ajam Mustajam.
 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: