Jangan Sampai Kena Tipu, Begini Caranya Cek Ijazah Asli atau Palsu

Jangan Sampai Kena Tipu, Begini Caranya Cek Ijazah Asli atau Palsu

Pengecekan ijazah-ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Di era semakin canggih ini banyak seseorag gunakan kecanggihan saat ini untuk menjadi bahan penipuan.

Banyak yang tertipu dengan ijazah, ijazah ternyata bisa juga dipalsukan kita harus lebih teliti dalam pengecekan ijazah pendidikan kita.

Lalu, bagaimana cara memastikan kondisi ijazah asli atau palsu? Yuk simk dulu caranya

BACA JUGA:Nah Loh! Penyebar Video WNA Bali Beradegan Tak Senonoh Bakal Dipidanakan Polisi

Berdasarkan ciri fisik

Untuk memastikan keaslian sebuah ijazah, terdapat beberapa ciri fisik yang dapat diperhatikan. Berikut adalah beberapa ciri fisik ijazah asli yang perlu diketahui:

Jenis kertas: Ijazah asli menggunakan jenis kertas khusus yang memiliki tekstur tebal dan berbeda dari kertas biasa. Jenis kertas ini hanya diproduksi oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) yang merupakan lembaga resmi.

Hologram permanen: Ijazah asli dilengkapi dengan hologram permanen yang telah menyatu dengan kertas ijazah. Hologram ini biasanya berisi logo institusi pendidikan atau lambang resmi yang tidak dapat dilepas atau diganti dengan mudah.

BACA JUGA:Telah Capai Kesepakatan, Pochettino Bakal Segera Latih Chelsea Musim Depan

Nomor seri: Setiap ijazah asli memiliki nomor seri khusus yang dikeluarkan oleh institusi pendidikan yang bersangkutan. Nomor seri ini unik dan tidak bisa diterbitkan oleh pihak lain. Anda dapat memverifikasi nomor seri dengan pihak institusi pendidikan untuk memastikan keaslian ijazah.

Menggunakan SIVIL

Selain dengan melihat secara fisik, untuk menjamin keaslian ijazah Anda, pastikan nomor ijazah Anda dapat diverifikasi melalui SIVIL (Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik). Untuk melakukan pengecekan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

-Kunjungi situs resmi https://ijazah.kemdikbud.go.id/

BACA JUGA:Ngeri! Kata Ilmuwan, Negara-Negara ini Bakal Jadi

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: