Ancaman Luncuran Lava Gunung Karangetang: Permukiman Warga di Sulawesi Utara dalam Keprihatinan

Ancaman Luncuran Lava Gunung Karangetang: Permukiman Warga di Sulawesi Utara dalam Keprihatinan

--(Foto: PVMBG)

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ancaman luncuran lava dari Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, mengkhawatirkan tiga permukiman warga yang berada di sekitar aliran sungai yang bermuara dari puncak kawah.

 

 

"Kami sementara melakukan pemantauan atas risiko terdampak material vulkanik," sebut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sonny Belseran di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), seperti dimuat Antara, Kamis (25/5/2023).

 

Potensi bahaya bagi warga yang tinggal di sekitar aliran sungai meliputi guguran awan panas dan luncuran material vulkanik yang dapat terbawa oleh hujan deras.

 

"Oleh karena itu, kami terus mengimbau agar warga tetap berhati-hati dan mematuhi instruksi yang diberikan oleh pemerintah daerah dan personel pos pengamatan gunung api," kata sumber yang tidak disebutkan namanya.

 

Tiga permukiman warga yang paling rentan terhadap ancaman material vulkanik dari Gunung Karangetang adalah Desa Dompase, Kecamatan Siau Tengah, Desa Kora-Kora (Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur), dan Desa Karalung, Kecamatan Siau Timur.

 

BACA JUGA:Dikenal Karena Sering Bungkam Lawan Politik, Erdogan Tak Terima Disebut Diktator

 

BACA JUGA:Keren! Sekelompok Pemuda Ini Mau Bersih-Bersih Pantai Terkotor Se-Indonesia

 

BPBD Kabupaten Kepulauan Sitaro, kata Sonny, terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten (pemkab) maupun petugas Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang terkait dengan evakuasi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: