'Babi Boleh Dikonsumsi Muslim'? MUI Sebut Jangan Dengarkan Ade Armando!

'Babi Boleh Dikonsumsi Muslim'? MUI Sebut Jangan Dengarkan Ade Armando!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, meminta masyarakat tidak perlu mendengarkan perkataan Ade Armando. 

Ucapan Ade Armando yang memicu polemik di kalangan masyarakat, karena mengatakan bahwa tidak semua jenis babi haram dikonsumsi Muslim.  

Menurut Kiai Cholil yang disebut dengan kata khinzir di dalam Alquran adalah semua jenis babi. Karena itu, haram hukumnya mengonsumsi babi, baik itu yang dipelihara maupun yang hidup liar di hutan.

"Ngga usah didengar lah (Ade Armando), wong orang ngga ngerti agama didengar, jadi biar ngga ribut.

BACA JUGA:Mau Cepat Tidur Sebelum Jam 10 Malam? Jangan Begadang Terus, Ini Tipsnya!

BACA JUGA:Tilang Manual Tak Boleh Dilakukan Sembarangan, Korlantas: Petugas Harus Punya Surat Perintah dan Bersertifikasi

Khinzir itu celeng (babi). Semua jenis, mau dipiara mau ngga dipiara, itu tetap (haram dikonsumsi), mau hidup di hutan atau tidak hidup di hutan itu sama saja (haram dikonsumsi)," kata Kyai Cholil.

Sebelumnya, Ade Armando yang juga kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuat perdebatan di media sosial. Dalam sebuah konten di kanal YouTube Cokro TV, ia menyebut bahwa tidak semua babi haram untuk dimakan.

Ade mengatakan dalam video tersebut bahwa khinzir berbeda dengan babi ternak yang dijadikan makanan saat ini. Menurut dia, khinzir adalah hewan liar yang hidup di gurun Arab pada masa Nabi Muhammad hidup.

Menyamakan khinzir dengan babi ternak, menurut Ade, adalah hasil interpretasi yang bisa diperdebatkan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: