Ada Secercah Harapan! Peneliti Temukan Vaksin untuk Sembuhkan Kanker Pankreas 'Silent Killer'

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada hari Rabu, 10 Mei 2023 menyebut bahwa telah ditemukan vaksin kanker pankreas telah terbukti efektif pada separuh pasien yang dirawat dalam uji coba kecil.

Kanker pankreas sering disebut "pembunuh diam-diam" atau silent killer, karena gejalanya tidak muncul pada kebanyakan pasien sampai menyebar ke organ lain.

Bahkan kanker pankreas terjadi ketika sel-sel di pankreas bermutasi dan membentuk tumor.

BACA JUGA:Segera Cegah Kanker Pankreas, Lakukan 5 Langkah Penting Ini!

Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering di New York mengirimkan sampel tumor dari 16 pasien kepada para ilmuwan di BioNTech di Jerman, perusahaan yang sama yang bekerja sama dengan Pfizer untuk memproduksi vaksin COVID-19.

Dilansir dari laman NY Post, setelah para ilmuwan menganalisis protein dalam sel kanker pasien, mereka menggunakan messenger RNA.

Yakni sebuah molekul yang berisi instruksi untuk mengarahkan sel untuk membuat protein - dalam vaksin untuk setiap pasien.

Kemudian mencoba memberi tahu sistem kekebalan untuk menyerang sel kanker.