Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar, Amalkan di 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Raih Keberkahannya

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar, Amalkan di 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Raih Keberkahannya

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Malam Lailatul Qadar menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu Umat Islam. Kemunculannya terjadi pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Kapan malam Lailatul Qadar datang memang tidak tidak bisa diketahui secara pasti. Sebab, ini merupakan rahasia Allah SWT.

Kendati begitu, Imam Syafi'i pernah berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar berpotensi terjadi pada tanggal ganjil seperti 21, 23, 25, 27, dan 29 bulan Ramadhan.

BACA JUGA:Bagaimana Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar? Ketahui Berbagai Amalan untuk Meraih Keberkahan

Sedangkan mayoritas ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada tanggal 27 sebagaimana dalam hadis Nabi SAW berikut ini:

"Barang siapa yang berusaha menggapainya (lailatul qadar), hendaknya dia berusaha menggapainya pada malam kedua puluh tujuh." (HR Muslim, Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Karena tidak ketahui secara pasti kemunculannya, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan seraya bermunajat kepada Allah SWT agar dipertemukan dengan malam kemuliaan tersebut.

Beberapa amalan yang bisa dilakukan di antaranya adalah berdzikir, bersalawat, berdoa, dan memohon ampun.

BACA JUGA:Masuk 10 Hari Terakhir Ramadhan 2023, Kapan Malam Lailatul Qadar Datang?

Selain itu, umat Muslim juga sebaiknya menyertai ibadahnya dengan doa malam Lailatul Qadar berikut ini.

Doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca pada malam Lailatul Qadar atau 10 terakhir bulan Ramadhan disebutkan dalam hadits;

Dari Aisyah r.a., dia berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, 'wahai Rasulullah, bagaimanakah menurutmu jika aku mengetahui malam lailatul qadar, apa yang mesti aku ucapkan ketika itu?' Beliau bersabda, ucapkanlah:

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ يَاكَرِيْم

Latin: Allahumma innaka 'afuwwun kariim, tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii yaa kariim.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: