Masuk 10 Hari Terakhir Ramadhan 2023, Kapan Malam Lailatul Qadar Datang?

Masuk 10 Hari Terakhir Ramadhan 2023, Kapan Malam Lailatul Qadar Datang?

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Umat Islam telah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Adapun momen yang paling dinanti-nanti adalah malam Lailatul Qadar, di mana digambarkan sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah demi meraih keberkahan malam Lailatul Qadar.

Dalam Islam, banyak jenis ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Tujuannya tidak lain mendapat keberkahan yang melimpah.

BACA JUGA:WAJIB TAU! Kapan Waktu yang Tepat Membaca Niat Puasa Ramadhan? Begini Penjelasan Detailnya...

Lalu, kapan tepatnya malam Lailatul Qadar itu datang?

Tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam Lailatul Qadar datang pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Sebab, momen ini merupakan rahasia Allah SWT.

Namun, Imam Syafi'i pernah berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar berpotensi terjadi pada tanggal ganjil seperti 21, 23, 25, 27, dan 29 bulan Ramadhan.

Sedangkan mayoritas ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada tanggal 27 sebagaimana dalam hadis Nabi SAW berikut ini:

BACA JUGA:Bolehkah Membayar Zakat Fitrah Pakai Uang, Bukan Beras? Buya Yahya Beri Penjelasan Begini

"Barang siapa yang berusaha menggapainya (lailatul qadar), hendaknya dia berusaha menggapainya pada malam kedua puluh tujuh." (HR Muslim, Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Apabila menghitung dari awal Ramadhan 2023 yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2023, maka malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan yang diketahui akan terjadi malam Lailatul Qadar adalah tanggal berikut:

- Malam 21 Ramadan: Selasa malam - Rabu dini hari, 11-12 April 2023

- Malam 23 Ramadan: Kamis malam - Jumat dini hari, 13-14 April 2023

- Malam 25 Ramadan: Sabtu malam - Minggu dini hari, 15-16 April 2023

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: