Memberikan Zakat Kepada Orangtua, Hukumnya Wajib?

Memberikan Zakat Kepada Orangtua, Hukumnya Wajib?

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Melaksanakan zakat merupakan kewajiban bagi setiap Umat Islam, maka kamu harus melaksanakannya dengan sebaik mungkin dan tidak boleh ada yang keliru.

Pun terkait distribusinya, zakat harus diberikan kepada orang yang berhak menerima. Dalam Islam, penyaluran zakat sudah memiliki ketentuan golongan orang-orang yang menjadi penerima.

Namun, bagaimana hukum memberikan zakat kepada keluarga, khususnya orangtua?

BACA JUGA:Bolehkah Membayar Zakat Fitrah Pakai Uang, Bukan Beras? Buya Yahya Beri Penjelasan Begini

Terkait persoalan tersebut, Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Muchlis Muhammad Hanafi menjelaskan soal penyaluran zakat kepada orangtua.

Ia mengatakan, memberikan zakat kepada orangtua tidak diperbolehkan. Sebab, orangtua termasuk anggota keluarga yang berada di bawah tanggungan nafkah seseorang.

Larangan itu sebagaimana dijelaskan dalam Alquran Surat At-Taubah ayat ke-60 bahwa zakat tidak boleh diberikan kepada orang yang di bawah tanggung jawab nafkahnya.

"Pendistribusian zakat sudah ditetapkan oleh Al-Qur'an melalui surah At-Taubah ayat ke-60. Para ulama mengatakan, zakat tidak boleh diberikan kepada mereka yang berada di bawah tanggung jawab nafkahnya," jelas Muchlis, dikutip melalui laman resmi Bimas Islam, Jumat, 14 April 2023.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Membayar Zakat Fitrah Secara Online? Begini Kata Buya Yahya

Muchlis juga menyebut contoh seseorang yang berada dalam tanggungan nafkah yaitu orang tua, anak, atau, kakek.  Ketiga contoh tersebut tidak boleh diberikan zakat.

Meskipun hukumnya tidak diperbolehkan, namun menurut Muchlis zakat boleh disalurkan kepada orangtua dengan pengecualian.

Zakat boleh diberikan kepada orang tua, jika mereka memiliki hutang yang harus dibayar, dengan syarat orangtua tersebut dalam keadaan fakir dan miskin.

"Kecuali kalau orang tua memiliki utang yang harus dibayarkan, utangnya bisa dibayarkan melalui zakat, tetapi dalam keadaan orang tua itu fakir atau miskin," imbuhnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: