Catat! Ini 5 Waktu Pembayaran Zakat Fitrah yang Tepat

Catat! Ini 5 Waktu Pembayaran Zakat Fitrah yang Tepat

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Selain berpuasa, di bulan Ramadan umat muslim juga wajib untuk membayar zakat fitrah. Kapan waktu pembayaran zakat fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib diberikan oleh setiap orang Islam setahun sekali (pada Idul Fitri) berupa makanan pokok sehari-hari (beras, jagung, dan sebagainya).

Al-Quran banyak menyebutkan soal perintah untuk berzakat pada umat muslim. Salah satunya adalah Surah At-Taubah ayat 103 yang bunyinya sebagai berikut:

BACA JUGA:Info Mudik 2023: Istirahat di Rest Area Dibatasi 30 Menit Tidak Boleh Lebih, Ini Alasannya

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Arab latin: Khuż min amwālihim ṣadaqatan tuṭahhiruhum wa tuzakkīhim bihā wa ṣalli ‘alaihim, inna ṣalātaka sakanul lahum, wallāhu samī’un ‘alīm.

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo'akan untuk mereka.

Umat muslim yang sudah memenuhi syarat, wajib hukumnya untuk membayar zakat fitrah. Adapun syarat untuk membayar zakat fitrah di antaranya beragama Islam, merdeka, sudah balig, berkecukupan, dan sudah masuk waktunya membayar zakat fitrah.

BACA JUGA:Pengumuman Final Seleksi PPPK Guru 2022, Apakah Anda Lolos? Cek Kelulusannya di Link Berikut Ini

Pertanyaannya, kapan waktu pembayaran zakat fitrah?

Waktu Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah biasanya dibayarkan di bulan Ramadan. Namun untuk waktu pembayarannya, dibagi lagi menjadi lima waktu. Ada waktu yang sangat utama untuk membayar zakat fitrah, dan ada waktu yang diharamkan untuk membayar zakat.

Sejumlah ulama dan ahli fikih sepakat membagi waktu pembayaran zakat fitrah ke dalam lima waktu, yakni sebagai berikut:

BACA JUGA:Harry Maguire Buat Goal Bunuh Diri, Manchester United Gagal Menang di Kandang!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: