Tidak Hanya Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Tegaskan Tolak Israel di World Beach Games!

Tidak Hanya Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Tegaskan Tolak Israel di World Beach Games!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Gubernur Bali, I Wayan Koster, kembali menjadi sorotan.

Tim olahraga Israel kembali mendapat penolakan di Indonesia, tepatnya di Bali.

Gubernur Bali, I Wayan Koster kembali menolak kedatangan kontingen Israel.

BACA JUGA:Ssst! Ini 4 Cara Sadap WhatsApp Pasanganmu Tanpa Ketahuan dan Ribet

Kedatangan Israel yang akan bertanding di ANOC World Beach Games yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023.

Koster kali ini berdalih penolakan pihaknya kepada atlet Israel berdasarkan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

"Berpatokan pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel)," kata Koster kepada media, di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu 05 Maret 2023.

"Hal ini sangat berpotensi menjadi ancaman dan gangguan keamanan di Bali, baik ancaman bersifat terbuka dan tertutup. Karena kehadiran Israel juga akan menimbukan pro dan kontra, khususnya terkait konflik Palestina. Ini tentu akan berdampak luas," katanya.

BACA JUGA:Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Berapa Biaya Konversi Motor Listrik?

"Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," lanjutnya. 

Penolakan hadirnya Israel, menurutnya, juga sudah sesuai dengan amanat UUD 1945. Apalagi Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Seperti diketahui, atlet-atlet dari Israel yang telah lolos dari kualifkasi dipastikan akan berpartisipasi pada ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali, pada Agustus mendatang.

Berdasarkan hasil babak kualifikasi seperti cabang olahraga renang perairan terbuka dan basket 3x3, atlet yang mewakili Israel berhasil melangkah ke ajang World Beach Games 2023.

Sebelumnya, akibat penolakan di Piala Dunia U20 2023 lalu, FIFA membatalkan pelaksanaan Piala Dunia di Indonesia. Karena hal itu, FIFA pun memastikan akan ada jatuhnya sanksi bagi Indonesia karena ingkar.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: