Peneliti Bikin Kue Berbahan Bawang Putih dan Coklat, Apa Rasanya?

Peneliti Bikin Kue Berbahan Bawang Putih dan Coklat, Apa Rasanya?

Kue terbuat dari bawang--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - GARCHOC alias Garlic Chocolate buatan dosen dan akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Annis Catur.

GARCHOC terbuat dari black garlic bercampur dark chocolate. Pada mulanya inovasi ini berawal dari fenomena pandemi covid-19 di mana orang-orang meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus dengan suplemen atau jamu.  

"Salah satu pangan fungsional yang paling unggul adalah bawang putih segar atau bawang putih (kating/tunggal) fermentasi biasa yang bernama black garlic, pangan fungsional adalah pangan yang memiliki kandungan gizi unggul dan manfaat lain bagi kesehatan,” ujar Annis melansir laman  resmi unair.ac.id.

BACA JUGA:SImak Lowongan Kerja PT KAI: Minimal D3 Boleh Daftar, Berikut Persyaratan Lengkapnya

Rasa dan aroma asli bawang putih segar yang khas dan tajam membuat masyarakat cenderung kurang menyukainya.

Bahkan, menurut Annis, masyakarat tidak mengonsumsi bawang putih, sebagai makanan berkhasiat. Sementara bawang putih sendiri mengandung senyawa fitokimia yang baik untuk kesehatan.

“Dibandingkan dengan bawang putih segar, black garlic lebih berkhasiat untuk kesehatan. Black garlic ini memiliki rasa lebih manis, kenyal, dan aromanya sudah tidak khas seperti bawang," imbunya.

Pasalnya, sebagian masyarakat tetap tidak suka mengonsumsi black garlic. Akhirnya Annis mengombinasikan black garlic dengan dark chocolate yang lebih banyak peminat masyarakat.

BACA JUGA:Viral! Kisah Wanita Cantik Baru Nikah Sudah Minta Cerai: 'Hari Ini Adalah Hari Paling Aneh Dalam Hidupku'

“Jadi, dark chocolate hasil kombinasi dengan black garlic ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan bisa menyegarkan karena mengandung theobromina,” tambahnya.

Produk GARCHOC pun dikemas dalam bentuk setengah lingkaran kecil. Hanya dengan sekali kunyah, pembeli pun dapat langsung menikmatinya. Sehingga, memudahkan dan lebih nyaman untuk dikonsumsi.

Pada penelitiannya, Anis melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat dan PKM di Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. Kemudian pada kegiatannya itu, target sasarannya merupakan para lansia.

Menurutnya, pasca-pandemi covid-19 para lansia memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terdampak virus-virus yang berbahaya.

BACA JUGA:Luhut Binsar Pandjaitan: Semua Pabrikan Bisa Dapat Insentif Kendaraan Listrik!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: