Hebatnyo! Pempek Palembang Masuk Peringkat 5 Dunia Makanan Terenak

Hebatnyo! Pempek Palembang Masuk Peringkat 5 Dunia Makanan Terenak

Pempek Palembang Masuk Daftar Makanan Terenak ke-5 di Dunia--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Makanan khas Palembang, Pempek masuk peringkat 5 besar kategori seafood terenak di dunia versi Taste Atlas. Pempek menempati urutan keempat dengan skor 4,7 dari 5.

Daftar 50 seafood terenak di dunia pun di rilis Taste Atlas pada Selasa (14/3). Makanan dengan ciri khas cukok tersebut masuk di jajaran lima besar, bersaing dengan seafood lainnya asal Portugal, Peru, dan Spanyol.

Makanan asal Palembang tersebut berbahan dasar ikan dan tepung tapioka. Ikan yang di gunakan sebagai bahan dasar pempek yang paling umum adalah Ikan Tenggiri.

BACA JUGA:Berjualan di Bulan Puasa 2023, Ini Makanan yang Bakal Paling Laris dan Halal

Melansir dari laman resmi Taste Atlas, penemuan pempek bermula pada  saat masyarakat Palembang yang bosan akan olahan ikan yang digoreng dan dibakar. Kemudian rasa bosan tersebut menghadirkan inovasi baru untuk mengolah ikan dan tepung tapioka hingga menghasilkan camilan yang enak dan renyah.

Berkat manis, asam, dan pedas kuah cuko dan juga citarasa ikan yang kental, pempek pun terasa nikmat. Bukan hanya itu, pempek juga biasanya dihidangkan dengan mi telur, potongan mentimun, dan ebi bubuk.

Pempek memiliki banyak jenis yang dapat dilihat dari bentuk dan bahannya. Secara umum pempek yang paling mudah ditemukan adalah pempek kapal selam. Pempek dengan jenis kapal selam itu memiliki ukuran paling besar di antara jenis pempek lain. Biasanya pempek kapal selam berisi telur.

Selanjutnya pempek yang berbentuk silinder dan memanjang disebut pempek lenjer. Banyak penikmat pempek yang akan menemukan pempek berwarna agak kehitaman atau akrab disebut sebagai pempek kulit. Pempek yang terakhir itu terbuat dari kulit ikan.

BACA JUGA:Michelle Yeoh Cetak Sejarah Pertama Kali Dalam Sejarah Aktris Asia, Dinobatkan Jadi Best Actress di Piala Oscar 2023!

Bukan hanya pempek, menu seafood lainnya pun masuk dalam daftar makanan seafood terenak. Berikut peringkat 10 besar seafood terenak di dunia versi Taste Atlas.

1. Amêijoas à bulhão pato - Portugal

2. Gambas al ajillo - Spanyol

3. Ceviche mixto - Peru

4. Pempek - Indonesia

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: