Tips Sembuhkan Batuk Tak Berdahak, Cek 7 Caranya di Sini

Tips Sembuhkan Batuk Tak Berdahak, Cek 7 Caranya di Sini

Ilustrasi Batuk-istimewa-freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Batu tak berdahak (non-infectious stones) biasanya terbentuk di dalam saluran kemih atau ginjal dan dapat menyebabkan nyeri, infeksi, dan masalah lainnya.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu dalam mengobati batu tak berdahak:

1. Minum air yang cukup: Minum air yang cukup akan membantu melarutkan garam dan mineral yang dapat membentuk batu. Minumlah setidaknya 8 gelas air per hari untuk membantu mencegah pembentukan batu dan melarutkan batu yang sudah ada.

BACA JUGA:Batu-batuk Terus Sulit Sembuh? Begini Cara Mengatasinya

2. Kurangi asupan garam dan protein: Mengurangi asupan garam dan protein dalam makanan dapat membantu mencegah pembentukan batu dan mengurangi risiko pembentukan batu lebih lanjut.

3. Konsumsi makanan berserat tinggi: Makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dan saluran kemih.

4. Konsumsi lemon atau jus lemon: Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencegah pembentukan batu dan melarutkan batu yang sudah ada.

5. Konsumsi obat penghilang nyeri: Obat penghilang nyeri seperti paracetamol dapat membantu mengurangi nyeri akibat batu.

BACA JUGA:Simak! 5 Obat Alami Sembuhkan Batuk, Ternyata Mudah Didapat

6. Terapi gelombang kejut: Terapi gelombang kejut dapat digunakan untuk memecahkan batu kecil agar mudah dikeluarkan dari tubuh.

7. Operasi: Jika batu terlalu besar atau tidak dapat dikeluarkan dengan cara lain, operasi mungkin diperlukan untuk menghilangkan batu.

Namun, sebelum mengambil langkah pengobatan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan tingkat keparahan batu tak berdahak serta metode pengobatan yang paling sesuai.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: