Pindah Ibu Kota! 16.990 ASN Bakal Dipindah ke IKN pada 2024, Seperti Apa Persiapannya?

Pindah Ibu Kota! 16.990 ASN Bakal Dipindah ke IKN pada 2024, Seperti Apa Persiapannya?

16 Ribu lebih ASN Bakal dipindah ke IKN pada 2024-Illustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas memastikan, bahwa tahap pertama pada 2024, ASN, TNI, dan Polri yang dipindahkan sebanyak 16.990 orang. 

Beragam fasilitas untuk kenyamanan ASN yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pun sudah disiapkan, seperti sarana olah raga, lahan hijau, apartemen, danau, dan lain sebagainya.

"Total 11.274 ASN dari 35 kementerian dan lembaga yang akan pindah,” kata Azwar Anas dalam keterangannya, Sabtu 25 Februari 2023.

"Sedangkan personel TNI dan Polri yang pindah ke IKN ditargetkan sebanyak 5.716. Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya yang akan dipindah sebanyak 193, sedangkan PPT Pratama sebanyak 964," sambungnya.

BACA JUGA:'Penonton Kecewa'! Pemberian Subsidi Rp 80 Juta untuk Mobil Listrik Batal, Moeldoko: Diganti yang Lain?

Sementara itu, kata Anas, untuk pejabat fungsional yang dipindahkan sebanyak 8.091 orang, dan jabatan pelaksana ada 2.026 orang.

“Sehingga total ASN, TNI, Polri yang pindah ke IKN pada tahun 2024 ada sebanyak 16.990,” imbuhnya.

Anas menyampaikan, tower apartemen yang dibangun pada tahap awal ini berada pada ring 1 atau dekat dengan Istana Negara di Nusantara.

"Seluruh konstruksi dibangun ramah lingkungan untuk setiap bangunan bertingkat institusional, komersil, dan hunian," terangnya.

BACA JUGA:ASYIK! Pinjam Rp 50 Juta Lewat KUR BRI 2023 Cicilannya Cuma Rp 900 Ribuan, Cek Tabel Tenor Terbaru di Sini...

Adapun dukungan fasilitas juga sedang dalam tahap pembangunan. IKN Nusantara akan dibangun area olah raga, lahan hijau, danau, dan lain sebagainya.

"Tak hanya sarana penunjang, fasilitas seperti TK, SD, hingga rumah sakit bertaraf internasional juga akan dibangun," tuturnya.

Anas mengungkapkan, sudah banyak ASN muda yang berminat pindah ke IKN. Minat tersebut disebabkan karena lahan IKN yang asri dan dinilai cukup menenangkan untuk aktivitas pekerjaan. 

"Nusantara mengusung konsep forest city yang sesuai dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Segala hal yang berhubungan dengan aspek lingkungan dan pembangunan telah dikaji dalam kajian tersebut," pungkasnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: