Sering Pingsan? Kenali 3 Jenis Sinkop yang Harus Diwaspadai, Bahaya Loh!

Sering Pingsan? Kenali 3 Jenis Sinkop yang Harus Diwaspadai, Bahaya Loh!

Ciri sinkop -ilustrasi pingsan-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID -  Tak hanya sedikit orang yang dirinya sering kali jatuh pingsan meskipun keadaan tubuhnya sedang sehat dan stabil.

Pingsan terjadi ketika seseorang kehilangan kesadaran dalam waktu singkat dan bisa sadar dengan sendirinya.

Penyebabnya dari pingsan yaitu karena otak tidak menerima cukup oksigen. Dalam istilah medis hal seperti ini disebut dengan ‘sinkop’.

BACA JUGA:Waspada! Sumber Penyakit Menular di Indonesia Sudah Bergesar dari Covid-19, Menkes: TBC dan HIV Kini Lebih berbahaya!

Biasanya, seseorang sebelum mengalami pingsan, biasanya seseorang akan mengalami beberapa gejala awal seperti pusing, lemas, atau mual.

Tak hanya itu, beberapa orang juga sebelumnya akan merasa pendengaran semakin samar dan pandangan menjadi gelap.

Pemulihan pascapingsan juga membutuhkan waktu selama beberapa menit tergantung ada atau tidaknya kondisi medis yang mendasari dan menyebabkan Anda kehilangan kesadaran.

Umumnya, pingsan tak akan mengarah pada kondisi serius. Kendati demikian, pingsan bisa menjadi gejala medis yang serius, terutama jika Anda tak punya riwayat pingsan sebelumnya. Maka dari itu, ada baiknya segera konsultasi ke dokter.

BACA JUGA:Viral Selebgram Cantik Clara Shinta Mobilnya Dirampas Debt Collector, Polisi Gerak Cepat Cari Pelaku

Ada banyak kasus yang menyebebakan seseorang tidak sadarkan diri atau pingsan tiba-tiba atau tidak jelas, yakni ketakutan atau trauma emosional, sakit parah, penurunan tekanan darah secara signifikan, gula darah rendah, hiperventilasi, berdiri dalam satu posisi terlalu lama, berdiri terlalu cepat.

Selain itu, melakukan aktivitas dalam suhu panas, batuk terlalu keras, mengejan saat buang air besar, mengkonsumsi obat-obatan atau alkohol dan kejang. Obat-obatan juga bisa menyebabkan tekanan darah meningkat yang menyebabkan seseorang pingsan. Adapun beberapa obat-obatan yang bisa memicu pingsan, yakni obat untuk tekanan darah tinggi, alergi, depresi dan kecemasan.

Namun ada beberapa jenis sinkop secara umum meliputi:

Sinkop Vasovagal

BACA JUGA:Tak Harus Selalu Minum Obat, Ini 7 Jenis Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Nyaman Buat Kesehatan!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber