Rhoma Irama Tak Suka Lagunya Dibawakan Dengan Nada Koplo: 'Malah Jadi Rusak'

Rhoma Irama Tak Suka Lagunya Dibawakan Dengan Nada Koplo: 'Malah Jadi Rusak'

Rhoma iRama raja dangdut-@rhoma_official-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sering kali terjadi perubahan nada lagu para penyanyi diubah menjadi nada koplo, seperti lagu yang diciptakan Rhoma Irama berubah menjadi koplo.

Namun sayangnya, Rhoma Irama tak suka jikalau lagunya dibawakan secara koplo dan dimainkan dengan alunan musik lain.

Raja dangdut ini pun menilai hal tersebut akan merubah esensi dari karyanya. Meski dirinya tidak masalah dengan adanya aliran musik itu, namun karya yang orisinil akan rusak jika diubah.

BACA JUGA:Waspada! Sumber Penyakit Menular di Indonesia Sudah Bergesar dari Covid-19, Menkes: TBC dan HIV Kini Lebih berbahaya!

"Jangan koplokan lagu-lagu karya Rhoma Irama. Membuat koplo itu hak asasi Anda. Tapi, jangan karya saya dikoploin malah jadi rusak," ujar Rhoma Irama dalam postingan di Instagramnya Senin, 20 Februari 2023.

"Lagu itu kan ada lirik, ada melodi, ada beat, ada aransemen. Semua ini harmoni, harus kawin sehingga musik itu bisa didengar dengan pesan itu," tambahnya.

Lebih lanjut, Rhoma Irama juga menyebut alasan tak boleh mengubah aransemen lagunya, hal itu lantaran akan merubah makna dari karya-karyanya yang sudah dengan susah payah dia ciptakan.

BACA JUGA:Viral Selebgram Cantik Clara Shinta Mobilnya Dirampas Debt Collector, Polisi Gerak Cepat Cari Pelaku

"Lagu itu kan ada lirik, ada melodi, ada beat, ada aransemen. Semua ini harmoni, harus kawin sehingga musik itu bisa didengar dengan pesan itu," kata Rhoma.

"Misalnya, lagu dakwah dikoploin, lagu melow dikoploin. Kan sense of musiknya jadi rusak. Silahkan berkoplo-koplo ria, tapi jangan koplokan karya Rhoma Irama, itu aja pesan saya," tuturnya.

Raja dangdut Rhoma Irama beserta Soneta Grup baru saja membuat heboh di panggung ulang tahun salah satu stasiun TV Swasta tadi malam. Pasalnya, dia menepati janjinya untuk mengkover lagu BUtter milik grup asal Korea Selatan, BTS.

Tak seperti lagu aslinya, Rhoma Irama dan Soneta membawakan lagu milik BTS itu dengan ciri khas mereka, yaitu musik dangdut lengkap dengan cengkokannya. Dia mengaku mengetahui tentang BTS karena sang cucu merupakan ARMY alias penggemar boy grup beranggotakan 7 orang itu.

BACA JUGA:Tak Harus Selalu Minum Obat, Ini 7 Jenis Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Nyaman Buat Kesehatan!

Penampilannya membuat nama Rhoma Irama masuk jajaran trending topic di Twitter Indonesia dan dibagikan ulang oleh beberapa akun K-Pop di media sosial. Rhoma mengatakan persiapan mengkover lagu BTS tersebut tak lama karena baru pada pagi hari sebelum tampil baru setengah matang.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: