Cuaca Hari ini: Jabodetabek Diguyur Hujan, Dokter Ngabila Ingatkan Soal Imunitas Tubuh, Ada Penyakit Menular?

Cuaca Hari ini: Jabodetabek Diguyur Hujan, Dokter Ngabila Ingatkan Soal Imunitas Tubuh, Ada Penyakit Menular?

Hujan lebat terjadi disebagian wilayah Indonesia-Ilustrasi hujan dan angin-Pixabay

Untuk wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi, BMKG memperkirakan bakal diguyur hujan ringan hingga sedang sejak pagi sampai malam. 

Kemudian perkiraan cuaca untuk daerah Tangerang dan Tangerang Selatan diprediksi bakal hujan sejak pagi sampai sore. Cuaca di dua wilayah itu bakal berawan pada malam hari.

BACA JUGA:Trending! Google Beberkan Data Penelusuran Warga Jakarta Soal Jodoh di Hari Valentine, Banyak Jomblo ya?

BACA JUGA:Astagfirullah! Bus Rombongan Studi Tour TK Alhidayah Terguling Tabrak Rumah dan Mushala, Korban Mengalami Luka-luka

Wilayah Jakarta akan kembali berpotensi hujan pada dini hari keesokan harinya, Kamis 16 Februari 2023.

Pemerintah mewaspadai masyarakat agar terhindar dari ancaman penyakit menular pada masa peralihan musim atau pancaroba.

dr. Ngabila Salama, MKM, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan saat ini imunitas masyarakat terhadap Covid-19 mungkin saja bagus, namun belum tentu dengan penyakit menular lainnya.

"Di era Covid-19 ini, mungkin imunitas kita terhadap Covid-19 bagus, tapi imunitas kita terhadap flu dan penyakit menular lain bisa jadi enggak bagus. Tentunya (yang harus diwaspadai) adalah penyakit menular. Karena ini kan peralihan musim, penyakit menular ini banyak," tutur Ngabila.

BACA JUGA:GILA! Bintang Film Porno Ini Nyaris Tewas Saat Lakoni Adegan Ranjang, Gegara 'Ukuran' Terlalu Besar?

BACA JUGA:'BARBAR'! Pasca Merusak Mobil Honda Brio, Pengendara Fortuner ini Terancam Dibui, Mahfud MD: Seperti Film Gangster...

Ngabila juga menjelaskan kelembapan jadi faktor utama saat pancaroba yang membuat imunitas menurun. Sehingga berbagai jenis kuman dan virus penyebab penyakit bisa mudah masuk ke dalam tubuh.

"Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit dan komplikasi atau kematian," ucap Ngabila.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, memperhatikan makanan serta minuman yang dikonsumsi, pemakaian masker juga harus disiplin sebagai bentuk pencegahan penyakit. Cegah sakit berarti melakukan berbagai upaya pencegahan.

"Tetap disiplin bermasker, rajin cuci tangan, dan jaga kebersihan diri. Juga kebersihan makanan, minuman, dan lingkungan sekitar. Memang kalau enggak penyakit pernapasan, ya penyakit pencernaan. Berarti penularannya pasti lewat tangan, kemudian airborne, droplet, lewat udara," pungkasnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: bmkg