SIAGA! Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Mengarah ke Kali Boyong

SIAGA! Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Mengarah ke Kali Boyong

Awan Panas Gunung Merapi, Rabu (8/2)--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Rabu (8/2) pagi ini Gunung Merapi luncurkan guguran awan panas ke arah Kali Boyong hingga 1,500 meter (1,5 KM) .

Melansir BPPTKG dari laman web resminya, Awan panas guguran Merapi tanggal 8 Februari 2023 tepatnnya pukul 07.10 WIB. 

Tercatat pada seismogram dengan amplitudo 52 mm, jarak luncur guguran awan panas tersebut  ke arah barat daya sejauh 1,5 kilometer dengan durasi 130 detik . 

BACA JUGA:Banyak-banyak Berdoa, Anak Indigo Asal Kediri Sebut 3 Gunung Terbesar di Indonesia Bakal Meletus di 2023

Sejak 5 November 2020 hingga kini Gunung Merapi masih berstatus Siaga sejak .

Agus Budi Santoso, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menerangkan bahwa sampai saat ini (8/2) info dampak hujan abu terjadi di wilayah Desa Sangup, Kecamatan Musuk dan Desa Mriyan, Kecamatan Tamansari-Kabupaten Boyolali.

"Apabila gunung api itu mengalami letusan eksplosif, lontaran material vulkaniknya dapat menjangkau hingga radius tiga kilometer dari puncak gunung merapi." Ujarnya

Untuk saat ini, Kawasan yang terkena dampak dari guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi meliputi bagian dalam sektor selatan-barat daya diantaranya sejauh 5 km area kawasan Sungai Boyong hingga sejauh maksimal 7 km area kawasan Sungai Bedog, Krasak, Bebeng.

BACA JUGA:Bahaya, 2 Gunung Berapi Diterawang Anak Indigo Bakal Meletus: Tak Terkendali di Tahun 2023!

Kawasan bagian sektor tenggara juga terkena dampak guguran awan panas meliputi Sungai Woro (sejauh maksimal 3 km) dan Sungai Gendol (sejauh 5 km).

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: