Buat Para Jobseekers, Nih Kita Kasih Tips Bikin CV Terbaru 2023!

Buat Para Jobseekers, Nih Kita Kasih Tips Bikin CV Terbaru 2023!

Mencari kerja merupakan pekerjaan itu sendiri. Sehingga diperlukan cara yang benar dalam membuat CV agar mudah keterima kerja--Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pencarian kerja merupakan sebuah aktifitas kerja tersendiri. Melakukannya butuh keseriusan dan ketelitian. Meskipun aktifitas kerja ini tidak ada yang menggaji. Tetapi pekerjaan mencari kerja ini nyata adanya. Memang begitulah sistem ini bekerja.

Akan tetapi kali ini kami ingin menawarkan solusi agar pencarian kerja anda menjadi tidak sia-sia. Ada delapan hal penting yang perlu kamu perhatikan saat mencari kerja:

Pertama, Tidak perlu keren, buat lah CV mu sesimpel mungkin. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2023 semakin tren dengan perusahaan atau vendor yang lebih senang mendapati CV yang cukup dengan ATS Microsoft Word atau Google Docs.

BACA JUGA:Nikah dengan Ferry Irawan, Venna Melinda Malah Pontang-panting Cari Pekerjaan: 'Saat Itu, Aku Minta Tolong Sama...'

Agar mudah dibaca rekruter dan membaca nya pun seperti membaca cerpen karena runut dengan melihat cara kamu menceritakan pengalaman kerja kamu sampai yang terupdate.

Kedua, Buat kata-kata yang sesuai dengan bahasa pekerjaanmu. Karena kata-kata merupakan terjemahan dari bahasa, dan bahasa mencerminkan tingkah laku seseorang.

Maka ketika CV mu mengandung resume maka buatlah resume itu dipenuhi dengan kata-kata pekerjaan. Misal, kalau kamu ingin bekerja di perusahaan e-commerce maka perbanyaklah bahasa e-commerce seperti startup, WTS, WTB. Kalau kamu ingin bekerja di perusahaan jasa, maka buatlah kata-kata menarik misal, mendahului kepentingan customer, bersedia bekerja di bawah tekanan, dll.

Ketiga, Tunjukin skill yang lagi dibutuhin tempat pekerjaanmu. Meskipun hanya kamu ketahui dasarnya, tidak usah ragu dan pajang saja dulu dalam CV kamu. 

BACA JUGA:Pengakuan Nia Daniaty Nikahi Farhat Abbas karena Tak Pikir Panjang: Saya Bukan Cari Pacar, Tapi Cari Suami

Di jaman sekarang, punya kemampuan seputar teknologi pasti menjadi nilai tambah. Contohnya skill kaya SEO, Data Analysis, Programming, UI/UX, Digital Marketing, dll.

Keempat, Garis besar dan Bold Softskill kamu. Selain technical skills, cantumin juga softskill yang bisa dibutuhkan di pekerjaan apa pun. Beberapa soft skills yang biasanya dicari sama HRD itu: Communication skill, Time management, Analytical thinking, Project Management, Flexibility.

Kalau dahulu umumnya orang menulis di bagian Aims and Assets, Disiplin, komunikatif dapat bekerja secara tim. Sebaiknya di update yah dengan bahasa seperti udah kami sebutin.

Kelima, bikin beberapa CV dengan format yang sesuai pekerjaan yang kamu tuju.

BACA JUGA:NAH LO! Aksi Krisdayanti Beri Kopi ke Ameena Malah Didukung: Ga Papa Biar Menghindari Step...

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: