Diabetes pada Anak Meningkat 70 Kali Lipat, Simak 5 Gejalanya Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Diabetes pada Anak Meningkat 70 Kali Lipat, Simak 5 Gejalanya Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

ilustrasi - gejala diabetes pada anak-Matheus Bertelli-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Diabetes mellitus atau diabetes pada anak merupakan penyakit kronis dan berpotensi mengganggu tumbuh kembang anak.

Penyakit yang dikenal dengan julukan 'kencing manis' ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Baru-baru ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut bahwa pada tahun 2023, kasus diabetes pada anak meningkat hingga 70 kali lipat sejak 2010 lalu. Dari 15 kota, Tercatat sekitar 1.645 anak di Indonesia mengalami diabetes.

BACA JUGA:Tips Bangun Pagi Lebih Awal, Jelas Anti Kesiangan!

BACA JUGA:Tetap Langsing di Usia 41 Tahun, Wulan Guritno Bocorkan Rahasia Jaga Bentuk Tubuh Ideal

Untuk meningkatkan kewaspadaan diabetes, terdapat ciri dan gejala awal yang timbul pada kondisi anak. Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 gejala awal diabetes pada anak yang perlu diwaspadai.

1. Sering Buang Air Kecil

Meningkatnya frekuensi buang air kecil nyatanya bisa menjadi tanda awal dari penyakit diabetes. Karena, seiring meningkatnya kadar gula, kinerja ginjal akan lebih berusaha menjaga keseimbangan tubuh sehingga mengeluarkan urin yang lebih banyak.

2. Mudah Lelah dan Rewel

Gejala diabetes pada anak yakni merasa lelah dan sering rewel. Penyebab kondisi tersebut adalah gangguan dari penyerapan gula sehingga membuat tubuh menjadi kekurangan energi.

BACA JUGA:Kenali Gejala dan Cara Mencegah Penyakit AIDS Sejak Dini

3. Berat Badan Turun Drastis

Ahli kesehatan Sue Cotey mengatakan bahwa penurunan berat badan secara drastis tanpa ada perubahan pola makan atau rutinitas olahraga bisa menjadi tanda adanya diabetes. Penyebabnya adalah tubuh tidak mendapatkan glukosa dan energi dari makanan sehingga tubuh memecah otot dan lemak untuk mendapatkan energi.

4. Merasa Haus

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber