Motor Listrik di Subsidi Pemerintah Lewat Pengurangan Pajak, Simak Skema Harganya

Motor Listrik di Subsidi Pemerintah Lewat Pengurangan Pajak, Simak Skema Harganya

Pemerintah menjelaskan besaran harga yang akan disubsidikan untuk motor listrik. Kehadiran motor listrik dikabarkan memiliki zero emisi alias 0 emisi karbon--Internet

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Subsidi motor listrik berasal dari pengurangan pajak kendaraan. Dan akan direalisasikan besaran subsidinya pada bulan Februari mendatang. 

"Angkanya sudah ada, nanti diumumkan resmi, Kira-kira Rp. 7.000.000, dan mobil nantinya akan diberikan insentif mungkin dari pajaknya yang 11 persen, mungkin akan dikurangi berapa persen," Lanjutnya. Kata Luhut dalam 'Saratoga Investment Summit 2023' di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 26 Januari 2023 sebagaimana dikutip dari 100KPJ.com.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut mengumumkan subsidi akan direalisasikan pada Februari 2023, terkait besaran subsidinya.

BACA JUGA:Motor Listrik Alva One: Cas Baterai Penuh 4 Jam dengan Jarak Tempuh 70 Km, Pepet Dah!

Subsidi motor listrik ini diberikan dalam rangka mempermudah penjualan motor listrik yang sedang digalakkan di Indonesia. 

Selanjutnya, menurut keterangan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang subsidi motor listrik hanya diberikan untuk kendaraan yang memiliki pabrik dan diproduksi di Indonesia. 

Berdasarkan keterangan tersebut di atas, berikut ini harga motor listrik jika mendapat subsidi dari pemerintah. 

1. Alva One. 

Alva One adalah motor listrik yang baru meluncur pada akhir tahun lalu. Pada ajang GIIAS 2022 motor ini seharga Rp34,99 juta untuk OTR Jakarta dan setelah disubsidi harganya menjadi Rp. 27 jutaan. 

BACA JUGA:Mantap Nih Smoot Zuzu, Motor Listrik Mirip Vespa Terbaru 2023!

2. Gesit

Saat ini harga motor listrik Gesit untuk OTR Jakarta Rp28.970.000 jika mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp7 juta maka harga motor listrik Gesit menjadi Rp21.970.000 juta. 

3. Viar

Motor listrik Viar memiliki banyak varian diantaranya Viar Q1, N1, dan N2. Harga Viar Q1 Rp21 juta, dan jika mendapatkan subsidi harganya berkisar di angka Rp14 juta. 

4. Smoot Tempur

Motor ini menjadi sorotan motor listrik pada KTT G20 motor listrik smoot tempur dibuat dengan fitur khusus untuk pengendara motor listrik. Motor listrik ini dihargai Rp17.500.000 dengan adanya subsidi pemerintah maka harganya ada di kisaran Rp10,5 juta. 

BACA JUGA:Siap Rilis! Honda Bakal Luncurkan 10 Model Motor Listrik Tahun 2025

5. Uwinfly T3

Motor listrik satu ini memiliki desain serupa Vespa S terlihat dari penggunaan headlamp atau lampu utama yang mengotak. Jarak tempuhnya tembus 60 km. Harganya cukup murah ada di harga Rp10 jutaan off the road. Bila disubsidi pemerintah maka harganya menjadi Rp3 jutaan, belum termasuk surat-surat. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: