Kakak Megawati Blak-blakan Pilih Ganjar Jadi Capres PDIP, Puan Bereaksi: 'Ya Boleh, tapi Keputusan di Tangan...'

Kakak Megawati Blak-blakan Pilih Ganjar Jadi Capres PDIP, Puan Bereaksi: 'Ya Boleh, tapi Keputusan di Tangan...'

Ganjar Pranowo dan Puan Maharani.-Foto: Disway, YouTube-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani akhirnya menanggapi pernyataan Kakak kandung Megawati, Guntur Soekarnoputra, yang dengan tegas memilih Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP ketimbang dirinya.

Menurut Puan Maharani, perihal memilih figur calon pemimpin negara adalah hak pribadi seseorang yang tidak bisa diintervensi oleh siapa pun. Setiap orang boleh menyuarakan pendapatnya.

Namun tetap saja, keputusan menentukan siapa calon yang bakal maju pada pesta demokrasi 2024 mendatang ada di tangan Ketua partai. Dalam konteks ini adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

BACA JUGA:Yura Yunita Pemenang Ami Award Beraksi Hapus Make Up di Panggung, Ajak Perempuan Mau Menerima Diri Sendiri

"Semua orang boleh menyatakan aspirasinya, semua orang boleh punya pilihannya, namun sebagai kader PDI Perjuangan ya kami menunggu apa yang menjadi pilihan yang akan diumumkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan," ujar Puan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta pada Kamis, 19 Januari 2023 kemarin.

Puan menegaskan, keputusan terkait capres yang akan didukung PDIP merupakan keputusan Megawati sebagai ketua umum. Ia pun meminta agar seluruh kader partai banteng itu sabar menunggu pengumuman tersebut.

"Kan yang akan mengumumkan siapa calon dari PDI Perjuangan, Ketua Umum PDI Perjuangan. Jadi selama belum ada pengumuman dari Ketua Umum PDI Perjuangan kita tunggu dulu, sabar, siapa nanti yang akan diumumkan," ujar Puan.

Sebelumnya, Guntur Soekarnoputra mengaku lebih mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dibanding keponakannya sendiri, Puan Maharani. Menurutnya, presiden periode mendatang tidak harus berasal dari keluarga Soekarno.

BACA JUGA:Putri Sambo Ngaku Diperkosa, Aktivis Perempuan Kemana?

"Saya sudah bilang, yang jadi presiden atau kepala negara Indonesia itu tidak harus keluarganya Bung Karno. Jadi saya berhak dong kalau milih Ganjar," ujar Guntur dalam program Point of View yang tayang di kanal Youtube pada Rabu, 18 Januari 2023 lalu.

Meski Puan adalah keponakannya, Guntur yang akrab disapa Mas To itu memiliki pilihannya sendiri. Kendati demikian, ia memastikan bahwa hubungannya dengan Ketua DPR itu tetap terjalin baik.

"Mas To sama dia sayang, Mas To sama dia sebagai pamannya selalu bertindak sebagai pamannya, tapi kalau dihubungkan sama politik, presiden atau gimana, Mas To punya pilihan sendiri," ujar Guntur.

"Jadi menurut Mas To, siapapun yang mau jadi presiden, dia harus mendapat hati, mendapat simpati, dan harus mencengkram basis massa," sambungnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: