Ternyata Ini Bahaya Bagi Orang yang Kurang Tidur, Mengerikan!

Ternyata Ini Bahaya Bagi Orang yang Kurang Tidur, Mengerikan!

bahaya tidur larut malam bagi tubuh-ilustrasi susah tidur-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Seorang yang kurang tidur atau sering begadang hingga pagi tiba akan menyebabkan penyakit ditubuhnya.

Salah satu penyakit bagi seseorang yang kekurangan tidur ialah hipertensi atau bisa disebut darah tinggi.

Dampak buruk tersebut berkaitan dengan hasil dari studi terbaru yang diterbitkan dalam European Heart Journal - Digital Health pada November 2022. Dalam jurnal tersebut, ditunjukkan ada hubungan antara waktu mulai tidur dan kejadian penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:Akhirnya Terungkap! Tidak Ada Pelecehan, Jaksa Sebut Putri Candrawathi Selingkuh dengan Brigadir J: Terindikasi Bohong

Dari studi tersebut, ditemukan adanya sejumlah penyakit yang mengintai. Penyakit tersebut antara lain hipertensi, penyakit jantung koroner, dan diabetes melitus atau gangguan toleransi glukosa.

"Kurang tidur juga meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik, detak jantung dan vasokonstriksi serta retensi garam. Faktor-faktor ini terkait dengan hipertensi yang disebabkan oleh overdrive jantung dan volume yang berlebihan," kata peneliti dalam studi tersebut.

Sebanyak 88.026 individu di Biobank Inggris menjadi peserta untuk penelitian tersebut. Para peserta diteliti antara tahun 2006 dan 2010 dengan usia rata-rata peserta adalah 61 tahun.

Sejumlah diagnosis baru seperti penyakit kardiovaskular yang didefinisikan sebagai serangan jantung, gagal jantung, penyakit jantung iskemik kronis, stroke, dan serangan iskemik transien kemudian ditindaklanjuti. Dari hasil penelitian tersebut, penyakit kardiovaskular adalah yang tertinggi pada mereka yang tidur tengah malam atau setelahnya.

BACA JUGA:Putri Sambo Ngaku Diperkosa, Aktivis Perempuan Kemana?

Orang-orang yang tidur pada waktu tengah malam atau setelahnya memliki risiko 25 persen menderita penyakit tersebut. Dari penelitian itu, juga dicantumkan peluang rendah terkena hipertensi dan jantung koroner.

Kejadian penyakit jantung paling rendah terjadi saat waktu tidur antara pukul 22.00-23.00 WIB. Para peneliti juga menemukan bahwa kejadian penyakit jantung paling rendah terjadi pada mereka yang tidur antara pukul 22.00-23.00 WIB.

Biasanya seseorang yang suka begadang hingga pagi tiba adalah kalangan anak muda terutama laki-laki.

Adapun ciri utama bagi seseorang yang terkena hipertensi ialah merasakan sakit kepala yang hebat secara terus menerus.

BACA JUGA:Kurang Ajar! Seorang Mualaf Tempelkan Alkitab ke Bokong Demi Percobaan: 'Apakah Saya Akan Mati dalam Sebulan?'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: