Rekor Fantastis! Lebih dari 3,6 Juta Tiket KA Ludes di Berbagai Rute

Kamis 03-04-2025,17:28 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Rekor penjualan tiket kereta api Lebaran kembali tercatat, hingga mencapai rekor yang fantastis.

Per 1 April 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menjual 3.601.556 tiket.

Rasio penjualan ini mencapai sekitar 78,44 persen dari keseluruhan kapasitas tempat duduk yang disiapkan.

BACA JUGA:Efisiensi Anggaran Pengaruhi Jumlah Mudik Gratis, Angka Pemudik Kendaraan Bermotor Naik Signifikan

Angka tersebut terhitung hingga 1 April 2025 pukul 07.00 WIB.

Pada Rabu (2/4/2025), VP Public Relations KAI Anne Purba mengungkapkan melalui laman KAI bahwa "Dari jumlah tersebut, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 3.172.482 tiket dengan tingkat okupansi 92,12 persen."

Dalam perkembangan penjualan tiket Angkutan Lebaran, terlihat adanya disparitas antara KA Jarak Jauh dan Lokal.

Rapor penjualan menunjukkan bahwa tiket KA Lokal terjual sebanyak 429.074, yang merepresentasikan 37,39 persen dari keseluruhan daya tampung yang disiapkan untuk rute-rute lokal.

BACA JUGA:Buka Program Mudik Gratis, 220 Pemudik Diberangkatkan Garuda Indonesia ke 5 Kota

Dalam rangka menciptakan pengalaman perjalanan yang optimal, aspek keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan menjadi prioritas KAI.

Realitas dari prioritas ini adalah imbauan kepada seluruh pelanggan untuk menaati aturan larangan merokok serta menjaga kebersihan di area kereta.

“Setiap perjalanan kereta api merupakan perjalanan bebas asap rokok. Merokok tidak diperkenankan di seluruh area kereta api, termasuk di dalam kereta makan, toilet, maupun bordes antar gerbong,” tegas Anne.

Demi menjamin terlaksananya aturan larangan merokok dan kebersihan, KAI menerapkan berbagai metode.

BACA JUGA:Masa One Way Nasional Usai, Korlantas Tingkatkan Persiapan Arus Balik!

Rutin dilakukan pengingatan melalui audio, serta pemasangan stiker larangan merokok di area-area penting dalam kereta.

Kategori :