Ini Tips Memilih Laptop Gaming yang Tepat, Awas Salah Pilih Malah Ngelag!

Jumat 17-05-2024,21:00 WIB
Reporter : M. Rafa Nugraha
Editor : Priya Satrio

Kalau kamu sering bermain game di rumah, kamu mungkin menggunakan monitor tambahan untuk pengalaman gaming yang lebih baik, namun, ketika jauh dari monitor eksternal atau tidak memilikinya, memiliki layar laptop berkualitas tinggi bisa jadi sangat penting.

Ukuran layar laptop yang umum berkisar antara 13, 15 hingga 17 inci, meskipun layar yang lebih besar bisa meningkatkan kualitas visual, perlu diingat bahwa ini juga bisa mengurangi portabilitas laptop.

Setelah menentukan ukuran layar yang diinginkan, hal penting berikutnya yang harus diperhatikan adalah resolusi layar, yaitu jumlah piksel yang ditampilkan.

BACA JUGA:Akhirnya Ruben Onsu Buka Suara Terkait Isu Keretakan Rumah Tangga, Begini Katanya

Semakin tinggi resolusi layar, semakin tajam dan jelas juga gambar yang dihasilkan. resolusi yang lebih tinggi memberi pengalaman visual yang lebih mendetail dan memukau, terutama untuk game dengan grafis yang intens.

Namun, tidak hanya resolusi yang penting, tingkat refresh layar juga merupakan faktor krusial yang perlu dipertimbangkan ya, tingkat refresh mengukur seberapa sering layar bisa memperbarui gambar setiap detik, dinyatakan dalam hertz (Hz).

Sebagai contoh, layar dengan tingkat refresh 100 Hz akan memperbarui gambar 100 kali per detik, maka semakin tinggi tingkat refresh, semakin halus dan responsif pengalaman gaming yang kamu miliki.

Untuk gameplay yang lancar, disarankan memilih laptop dengan tingkat refresh setidaknya 144 Hz.

BACA JUGA:Imbas Kecelakaan Maut di Subang, Polisi Tetapkan Sopir Bus Sebagai Tersangka

3. Pemilihan Prosesor

Saat membeli laptop gaming, sering kali prosesor tidak menjadi prioritas utama, padahal prosesor juga memainkan peran penting dalam mendukung pengalaman bermain game.

Mengapa begitu? Karena prosesor modern kini dilengkapi dengan grafis terintegrasi, contohnya adalah prosesor APU Ryzen yang dikembangkan oleh AMD untuk laptop.

Prosesor dengan grafis terintegrasi bisa bekerja bergantian dengan kartu grafis di laptop, misalnya, saat bermain game, kartu grafis yang aktif, tapi saat melakukan tugas ringan seperti mengetik, pengolah grafis pada prosesor yang akan bekerja.

BACA JUGA:Kamu Kecanduan Makan Mie Instan Setiap Hari? Awas Bisa Kena 3 Penyakit Ini

Sistem tersebut meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja laptop, membuatnya lebih hemat energi dan tetap bertenaga saat dibutuhkan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih prosesor dengan kinerja tinggi dan merupakan generasi terbaru.

Kategori :