Manusia Bisa Melihat Malaikat Bersayap? Kisah Rasulullah SAW Pernah Lihat Wujud Asli Jibril Dua Kali Jadi Buktinya

Senin 12-06-2023,19:56 WIB
Reporter : Jeany Pohan
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Apakah benar manusia biasa bisa melihat dengan jelas wujud malaikat yang turun ke bumi?

Pertanyaan itu sampai dengan saat ini masih menjadi sebuat misteri, terlebih di dalam ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits menyebut kalau malaikat diciptakan dari cahaya.

Diketahui Allah menciptakan malaikat dengan memberikannya tugas tertentu untuk mengatur urusan di langit dan bumi.

BACA JUGA:Mau Lihat Wujud Malaikat yang Turun ke Bumi? 99 Persen Manusia Biasa Pasti Tak Menyadarinya!

Dalam bentuk jamak, malaikat merupakan kata mala dari mashdar al-alukah yang memiliki arti ar-risalah yakkni misi atau pesan.

Untuk secara istilah, malaikat diartikan sebagai salah satu jenis makhluk Allah yang diciptakan hanya untuk taat dan beribadah kepada-Nya.

Selain itu Malaikat juga ditugaskan untuk mengerjakan keseluruhan tugas-tugasnya. Dengan begitu jelas diciptakannya manusia dan malaikat berbeda.

Mengutip buku Prof. Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar bertajuk 'Rahasia Alam Malaikat, Jin dan Setan', menjelaskan di dalam sebuah hadits riwayat Aisyah binti Abi Bakar.

BACA JUGA:Terungkap! Malaikat Bisa Menyamar Jadi Manusia, Ini 7 Ciri-cirinya yang Harus Kamu Ketahui

Rasulullah SAW pernah menyampaikan cerita kalau malaikat diciptakan dari cahaya.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ ». (رواه مسلم)

Artinya: "Malaikat itu diciptakan dari cahaya. Jin diciptakan dari api yang menyala-nyala, sedangkan Adam diciptakan dari apa yang telah dijelaskan kepada kalian." (HR Muslim)

Menurut buku Mahmud asy-Syafrowi 'Mengundang Malaikat ke Rumah', malaikat diciptakan dari cahaya sehingga mewarisi sifat-sifat cahaya.

BACA JUGA:Ini Tanda-tanda Malaikat Sedang 'Menyamar' Jadi Manusia, Buya Yahya: Bajunya Seperti Baru Diseterika

Maksudnya yaitu malaikat tidak bisa terlihat oleh manusia biasa dan dapat bergerak dengan kecepatan seperti cahaya, sesuai dengan keterangan surah An Nazi'at ayat 3-4,

Kategori :