Siaran TV Analog Dimatikan Besok, Warga Miskin di Jabodetabek yang Belum Punya STB Diminta Datangi Posko

Siaran TV Analog Dimatikan Besok, Warga Miskin di Jabodetabek yang Belum Punya STB Diminta Datangi Posko

Pendistribusian STB Gratis untuk warga miskin di Jabodetabek diklaim sudah mencapai 99,3 persen-ilustrasi-pixabay.com

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate kembali mengingatkan masyrakat, bahwa siaran televisi analog di 222 kabupaten/kota, termasuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), bakal dimatikan besok, Rabu 2 November 2022.

Ia mengimbau, bagi masyarakat khususnya warga Jabodetabek dari keluarga kurang mampu yang belum mendapat STB, bisa mendapatkannya dari posko yang disediakan.

"Pada saat Analog Switch Off Jabodetabek, pemerintah juga menyiapkan posko," kata Johnny, Selasa 1 November 2022.

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 48 Lanjut November 2022 atau 2023? Simak Penjelasannya

"Apabila nanti ternyata ada televisi masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital oleh karena belum tersedia set top box bagi keluarga miskin, maka Kementerian Kominfo akan melayani sedapat mungkin," sambungnya.

Posko itu berupa layanan informasi dan penyediaan STB gratis via nomor telepon 159 atau WhatsApp di nomor 08118202208. Cara lainnya adalah dengan mengakses laman website https://siarandigital.kominfo.go.id/.

"Jadi dari sisi infrastruktur secara nasional sudah siap, namun dari sisi distribusi set top box yang masih harus kita sempurnakan," ujarnya.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Resmi Dibuka, Kelompok Ini Jadi Prioritas

Johnny menyebut, pembagian STB di wilayah Jabodetabek sudah mencapai 98,44 persen dengan total penerima 479 ribu keluarga kategori miskin. 

Pemerintah membagikan 359.617 set top box atau 76 persen, sementara 24 persen sisanya datang dari pihak ATVSI.

"Dengan demikian kita harapkan pelaksanaan analog switch off pada 2 November di wilayah Jabodetabek bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber