Miris, Dampak PPKM Darurat, Ikkapi: 5 Juta Pedagang Pasar Gulung Tikar, Gimana Solusinya?

Miris, Dampak PPKM Darurat, Ikkapi: 5 Juta Pedagang Pasar Gulung Tikar, Gimana Solusinya?


Miris, Ikkapi sebut akibat dampak PPKM darurat, jutaan pedagang pasar bangkrut||Ilustrasi by www.covid19.denpasarkota.go.id

TRENDINGNEWS.ID - Dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sangat terasa di kalangan pedagang pasar tradisional.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyebutkan sebanyak 5 juta pedagang pasar terpaksa harus gulung tikar imbas kebijakan PPKM Darurat.

"Artinya nyaris satu bulan penuh aktivitas ekonomi benar-benar dibatasi dan hal ini memperparah kondisi pedagang pasar," ujar Ketua Bidang Kajian Penelitan & Pengembangan DPP Ikappi Badrussalam dalam keterangannya, Selasa 20 Juli 2021.

“Sisanya sekitar 6,7 juta atau 57 persen pedagang pasar yang masih beroperasi, akan tetapi para pedagang ini sudah mengalami penurunan pendapatan sekitar 70 hingga 90 persen dari keadaan normal, bahkan ada yang sudah tidak beroperasi sama sekali atau tutup,” tambahnya.

BACA JUGA:Idul Adha 1442 H dan PPKM, KPK Fasilitasi Keluarga Tahanan untuk Melakukan Kunjungan via Online

Di sisi lain dia melanjutkan, terdapat 1.998 kasus pedagang pasar yang dinyatakan positif COVID-19 yang tersebar di 333 pasar.

Sampai saat ini, menurutnya berpotensi bertambah dan perlu penanganan serius agar tidak memperparah aktivitas pedagang pasar.

"Kepada pemerintah kami mohon agar pemberlakukan PPKM Darurat perlu dievaluasi secara seksama supaya penerapan aturan ini tidak memperparah kondisi pedagang pasar sebagai penggerak ekonomi semakin sulit dan tak berdaya," ujar dia.

Terkait upaya menjaga kesehatan para pedagang pasar dan dalam rangka terciptanya herd immunity, Ikappi ditegaskannya tetap bekerja sama dengan Polri telah melaksanakan dan akan menggencarkan vaksinasi bagi pegadang pasar.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: