Berikut Ini Penyebab Diare Dan Cara Mengatasi Nya

Berikut Ini Penyebab Diare Dan Cara Mengatasi Nya

Diare, Image oleh nastya_gepp----

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID Sering kali orang bertanya soal diare terutama cara mengatasi diare yang jawabannya diharapkan bisa membantu banyak orang.


Diare sendiri adalah sebuah kondisi di mana poop seseorang, memilik tekstur cair, dengan frekuensi bolak balik toilet yang tinggi.

Diare menurut Mayo Clinic, umumnya juga diikuti dengan ciri lain seperti mual-mual, muntah, nyeri perut hingga berat badan yang merosot.

Untungnya kondisi ini hanya bertahan dalam hitungan hari. Namun pada kasus diare yang berkepanjangan, masalah kesehatan lain mungkin jadi penyebabnya.

Cara mengatasi diare menurut Healthline:

1. Minum obat anti diare

Pada kebanyakan kasus, cara mengatasi diare tentunya dengan minum obat anti diare. Obat ini membantu menurunkan atau bahkan mengatasi poop cair setelah dosis pertama.

2. Konsumsi probiotik

Diare dapat disebabkan oleh gangguan pada jumlah bakteri sehat pada usus. Minum yogurt kaya probiotik disebut ahli salah satu cara mengatasi diare.

3. Antibiotik

Diare yang disebabkan oleh bakteri atau paratis, dapat diatasi dengan minum antibiotik.

4. Selain beberapa cara mengatasi diare di atas, makan makanan seperti pisang, nasi atau roti juga dianjurkan

Penyebab Diare

Diare dapat dipicu oleh beberapa faktor, diare yang disebabkan oleh makanan tertentu adalah penyebabnya.

Dan pada kebanyakan kasus, banyak orang tidak menyadari, bahwa apa yang mereka makan kesehariannya, jadi salah satu pemicunya.

Berikut ini penyebab diare yang dipicu makanan dan minuman seperti dilansir Medical News Today:

Makanan pedas dan berlemak

Makanan yang digoreng dan jenis makanan yang mengandung banyak lemak dan pedas, dapat menjadi penyebab diare lantaran makanan jenis ini sulit untuk diproses tubuh.

Susu

Bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa dapat mengalami diarea ketika mengkonsumsi produk makanan dan minuman berbahan dasar susu.

Gluten

Gluten adalah protein yang terdapat dalam gandum, gandum hitam dan jelai. Bagi mereka yang kesulitan mencerna jenis makanan ini, dapat menyebabkan penyakit seliak yang dapat memicu kerusakan pada usus kecil.

BACA JUGA:Anda Sakit Gigi? Berikut 3 Cara Mengatasinya

+++++



Makanan tinggi gula

Makanan yang mengandung teralalu banyak gula, ketika tercampur dengan air di dalam usus akan menyebabkan terjadinya diare. Jus apel, anggur, dan minuman bersoda kerap menjadi penyebabnya.

Makanan dan minuman berkafein

Kafein adalah stimulan yang juga merupakan penyebab dari diare pada orang-orang tertentu. Stimulan ini dapat mengakselerasi pergerakan makanan di dalam usus. Coklat, kofi, soda dan teh adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: